Liga Indonesia

Apa Kabar Dede Iskandar? Legenda Persib di Era 1980 hingga 1990-an

Senin, 7 September 2020 17:20 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Legenda Persib Bandung, Dede Iskandar saat ditemui INDOSPORT.COM. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Legenda Persib Bandung, Dede Iskandar saat ditemui INDOSPORT.COM.

INDOSPORT.COM - Dede Iskandar, merupakan mantan pemain yang memberikan prestasi bagi tim Persib Bandung di era 1980-an hingga 1990-an, setelah pensiun sebagai pesepakbola profesional, apa kabar Dede Iskandar? 

Dede menuturkan, hampir 20 tahun memperkuat Persib dan memberikan gelar juara kompetisi Perserikatan 1989/1990, 1993/1994 dan Liga Indonesia (LI) I 1994/1995. Setelah itu, ia memutuskan pindah ke Persikab Kabupaten Bandung, yang sekaligus menjadi tim terakhir yang dibelanya saat menjadi pemain profesional. 

Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, legenda Persib ini mengaku tidak bisa lepas dari dunia sepak bola, lantaran ia memutuskan untuk menjadi pelatih. Beberapa tim sempat ditanganinya, seperti tim Porda dan Persib Selection. 

"Dulu langsung langsung jadi pelatih membina anak-anak. Sempat melatih di Pemda, Bina Pakuan, Porda, Persib Selection hampir setahun di 2000. Jadi berhenti di liga saya langsung melatih tim di Bandung, pada 2014 sampai 2019 di Cikampek," kata Dede kepada INDOSPORT

Dede mengaku, ada tawaran kepadanya untuk menjadi pelatih kembali di tim U-18. Hanya saja, hingga saat ini belum ada kelanjutan, lantaran tidak ada kejelasan mengenai rencana kick off kompetisi U-18 2020.

"Ada sih yang nawarin, bantu Robby untuk PSKC U-18, tapi karena Liga U-18 gak ada jadi nunggu saja. Karena, kalau yang jauh-jauh sekarang kayanya enggak dulu, jadi nunggu yang dekat-dekat saja biar bisa kumpul sama keluarga sama teman-teman main bola," ucapnya. 

Selain itu, Dede mengaku sering bermain sepak bola bersama mantan pemain lainnya yang berasal dari Bandung. Bahkan, beberapa kali ia bermain dengan mantan pemain dari daerah lain. 

Menurutnya, bermain sepak bola bersama sesama mantan pemain, menjadi salah satu cara untuk bersilaturahmi dan menjaga kondisinya agar tetap sehat di usia yang sudah tidak muda lagi. 

"Aktivitas sekarang di rumah saja, paling main sepeda, atau ikut bermain sepak bola dengan mantan-mantan pemain Persib atau Persikab, main lawan Bogor kemarin juga, lawan dari Palembang," ungkapmya.

"Jadi meskipun sudah berhenti sebagai pemain profesional, main sepak bola gak bisa hilang, walaupun saya sudah main bola hampir 20 tahun di Persib, sampai sekarang susah untuk berhenti," jelasnya. 

Meski saat ini, sudah tidak menjadi bagian dari tim Persib, namun Dede mengaku tetap memantau perkembangan sepak bola di Kota Bandung, khususnya skuat Maung Bandung yang saat ini berlaga di kompetisi Liga 1 2020