Liga Indonesia

Jalani Peran Ganda, Begini Penjelasan Pemain yang Dicoret dari Timnas U-19

Senin, 7 September 2020 17:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19, Fajar Fathurrahman usai mencetak gol ke gawang Hong Kong pada Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jumat (08/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19, Fajar Fathurrahman usai mencetak gol ke gawang Hong Kong pada Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jumat (08/11/19).

INDOSPORT.COM - Jebolan Garuda Select, Fajar Fathur Rahman tidak hanya bermain sebagai penyerang sayap, tapi kini bisa ditempatkan sebagai bek kanan. Hal itu merupakan hasil kreasi pelatih Garuda Select, Dennis Wise dan Des Walker.

Saat bermain di Timnas Indonesia U-19, Fajar selalu jadi andalan di sayap kanan, bahkan menjadi topskor di kualifikasi Piala Asia U-19 2020, yang diselenggarakan tahun lalu. Namun, saat bergabung di program Garuda Select II, pemain 18 itu dicoba di sisi pertahanan. 

Fajar mengaku sempat bingung, tetapi kemudian terbiasa karena hanya sedikit mengalami perubahan gaya bermain, yakni lebih defensif.

"Awalnya agak bingung y ketika balik (Garuda Select II) dan diminta coach Des dan coach Dennis untuk ke bek kanan.  Tapi setelah lewat dua pertandingan Alhamdulillah sudah seperti biasa," tuturnya.

"Nyaman saja di kedua posisi itu (penyerang sayap dan bek kanan) soalnya perubahannya tidak terlalu jauh juga dan perbedaannya saya hanya harus fokus untuk bertahan," imbuh Fajar.

Fajar saat ini berstatus tanpa klub pasca dicoret dari Timnas Indonesia U-19. Ia masih menyelesaikan pendidikan dan bergabung dengan akademi di Purwakarta bernama ASAD 313 yang merupakan singkatan dari Asli Sepak Bola Anak Desa.

Fajar Fathur Rahman bertekad berkarir di luar negeri setelah tidak masuk dalam rombongan Timnas Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Pemain kelahiran Papua itu mengincar Liga Jepang atau Thailand untuk melanjutkan karirnya dan sudah ada pihak yang menawarkan.