Liga Indonesia

Jacksen Tiago Tak Khawatir Pemain Persipura Cedera karena Jadwal Mepet

Kamis, 10 September 2020 04:18 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Media Officer Persipura
Juru taktik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago  tak khawatir jika jadwal pertandingan Liga 1 2020 yang mepet berpotensi mengakibatkan pemainnya cedera. Copyright: © Media Officer Persipura
Juru taktik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago tak khawatir jika jadwal pertandingan Liga 1 2020 yang mepet berpotensi mengakibatkan pemainnya cedera.

INDOSPORT.COM - Juru taktik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengaku tak khawatir jika jadwal pertandingan Liga 1 2020 yang mepet bisa berpotensi mengakibatkan para pemainnya cedera. Pasalnya, kondisi seperti itu adalah hal yang lumrah dihadapi oleh para pesepakbola.

Big Man, sapaan familiar Jacksen F. Tiago menyebutkan, lanjutan kompetisi Liga 1 di tengah pandemi Covid-19 statusnya ialah luar biasa. Dan demi mengejar agenda kompetisi, sudah sewajarnya digelar demikian.

Permasalahan pemain akan sangat rentan dengan kelelahan disebut Jacksen adalah hal yang wajar. Namun, dirinya mengaku keputusan Persipura bermarkas di Malang akan menjadi sebuah keuntungan.

"Karena ini adalah kompetisi ekstraordinary (luar biasa), sehingga bisa bermain lagi dan menjalankan tugas kita itu sudah sangat bersyukur. Soal capek atau tidak, kami rasa sama saja, rasa capek itu pasti ada. Dan itu membuktikan bahwa kita kerja," ujar Jacksen, Rabu (09/09/20).

"Jaraknya dari tempat kami bermarkas (Malang) sekarang pun tidak begitu jauh. Sangat berbeda dibanding kondisi biasanya. Saya justru beri apresiasi yang tinggi buat yang susun jadwal tersebut," tambahnya.

Jacksen berkaca pada kompetisi sepak bola di luar negeri yang justru lebih padat tapi bisa diselesaikan dengan lancar tanpa kendala apapun, meskipun di tengah pandemi.

"Dengan kondisi seperti sekarang ini sudah luar biasa, di Brasil saja kadang ada tim yang menjalani jadwal tiga kali dalam seminggu, begitu juga UCL beberapa waktu lalu.”

“Sehingga saya rasa ini sesuatu yang wajar, jika kita berkaca pada kompetisi sepak bola yang ada di Eropa saya rasa tidak ada sebuah perbedaan yang mencolok," ungkapnya.

Jacksen F. Tiago mengaku jadwal baru Liga 1 yang dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum lama ini sudah tergolong adil dan tidak merugikan klub mana pun.

"Kalau saya lihat sangat positif dan cukup masuk akal dan jadwal yang sehat. Tinggal dari kepintaran pelatih saja bagaimana mengolah waktu yang kita punya bagi pemain kami agar bisa menjalankan pertandingan dengan performa yang stabil dan prima," pungkas pelatih Persipura itu.