Liga Indonesia

Robert Alberts Tanggapi Regulasi Pemain Batuk dan Flu Tak Bisa Main

Kamis, 10 September 2020 10:32 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai regulasi Liga 1 2020 yang menyebut pemain batuk atau flu tak boleh bertanding. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai regulasi Liga 1 2020 yang menyebut pemain batuk atau flu tak boleh bertanding.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai regulasi Liga 1 2020 yang menyebutkan pemain bila batuk atau flu tidak bisa diturunkan dalam pertandingan.

Menurut pelatih asal Belanda ini, mengenai hal tersebut akan diserahkan kepada dokter tim Persib, Rafi Ghani, untuk memastikan pemain yang batuk atau flu berkaitan dengan virus corona atau tidak.

"Saya pikir serahkan itu kepada dokter tim dan tim medis apakah itu benar-benar flu dan berkaitan dengan covid," kata Robert Alberts.

Mantan pelatih PSM Makassar ini setuju, dengan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 2020 bergulir kembali. Pasalnya, penyebaran virus corona masih terjadi di Indonesia dan kasusnya belum mengalami penurunan.

"Saya setuju bahwa kami harus sangat siaga terhadap bahayanya covid karena masih sangat mengancam di Indonesia. Dan tentunya kami juga masih haru mengikuti anjuran kesehatan," ucap Robert Alberts.

Persib sejauh ini sudah menerapkan protokol kesehatan, di dalam aktivitasnya di dalam maupun luar lapangan. Selain itu, skuat Maung Bandung rutin melakukan tes kepada pemain, jajaran pelatih dan official tim untuk memastikan tidak ada yang terpapar virus corona.

"Jika pemain hanya batuk dan flu normal seperti di kehidupan sehari-hari (tidak masalah) tapi jika berkaitan dengan covid, itu berbahaya dan tentunya kami harus mengambil tindakan," tegas pelatih yang bergabung dengan tim Maung Bandung pada musim 2019 ini.

Sementara itu, penerapan protokol kesehatan juga diberlakukan bagi setiap tim yang akan melakoni pertandingan uji coba dengan skuat Maung Bandung, seperti yang dilakukan Tira Persikabo ketika akan menghadapi Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (05/09/2020).

Sebelumnya, Tira Persikabo melakukan tes kepada jajaran pelatih, pemain dan official tim untuk memastikan tidak ada yang terpapar virus corona. Sehingga, pertandingan uji coba bisa digelar.

Pemeriksaan serupa akan dilakukan oleh tim Bhayangkara FC, yang akan menjadi lawan tanding Persib Bandung pada pertandingan uji coba akhir pekan ini jelang Liga 1 2020.