Liga Spanyol

3 Pemain Jadi Kunci Utama, Ini Starting XI Ampuh Koeman di Barcelona

Jumat, 11 September 2020 16:28 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Tiga bintang jadi kunci utama, ini starting XI ampuh Ronald Koeman saat tukangi Barcelona di LaLiga Spanyol 2020-2021. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Tiga bintang jadi kunci utama, ini starting XI ampuh Ronald Koeman saat tukangi Barcelona di LaLiga Spanyol 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Ditunjuknya Ronald Koeman sebagai pelatih pengganti Quique Setien membuat terjadi perubahan besar dalam susunan starting XI. Hanya andalkan tiga pemain kunci utama, begini formasi Barcelona jelang LaLiga Spanyol.

Sejak mimpi buruk yang terjadi pada musim lalu lewat hasil memalukan baik di tingkat domestik dan pentas Eropa, Blaugrana seolah sudah tak memiliki kualitas yang sama lagi untuk bisa bersaing. Pada dalam waktu satu musim itu mereka sudah lakukan penggantian pelatih dari Ernesto Valverde ke Setien.

Secara mendadak dipanggil sebagai pelatih utama, Koeman yang notebene pernah jadi pemain di Barca nampaknya juga tak punya pengalaman berarti mengendalikan klub. Bagaimana tidak? Tercatat, ia tak memiliki banyak prestasi kala didapuk sebagai pelatih PSV, Valencia, Southampton dan Everton.

Satu-satunya yang bisa dibanggakan oleh legenda bek sekaligus gelandang bertahan ini ialah kala menyumbangkan dua gelar liga domestik bersama Ajax Amsterdam. Di Timnas Belanda pun ia hanya mampu persembahkan posisi runner-up UEFA Nations League 2019.

Kondisi Koeman kian diperparah lewat usaha kepergian Lionel Messi yang notebene pemain ikonik bagi Azulgrana. Maklum keputusannya untuk menyunat empat pemain utama yakni Luis Suarez, Arturo Vidal, Samuel Umtiti, dan Ivan Rakitic sulit untuk diterima oleh akal sehat.

Pada akhirnya langkah dari pemain berjulukan La Pulga itu pun gagal setelah ada ancaman klausal rilis bernilai 700 juta euro (Rp12 triliun). Tahu sang kapten tak bahagia, kini giliran Koeman mencoba mencanangkan skema rencana baru agar bisa bersaing di LaLiga Spanyol.

Melansir laman berita Marca, Koeman dilaporkan hanya akan andalkan tiga pemain kunci yakni Frenkie de Jong, Antoine Griezmann, dan Ansu Fati dalam susunan pemainnya. Penasaran dengan starting XI baru Barcelona? Berikut INDOSPORT menjabarkan beberapa posisinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%