Liga Indonesia

Apa Kabar Kosuke Uchida? Mantan Terindah Barito Putera dan Persela

Jumat, 11 September 2020 19:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persela Football
Kosuke Uchida saat membela Barito Putera. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persela Football
Kosuke Uchida saat membela Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Kosuke Yamazaki Uchida? Pesepakbola asal Jepang yang sempat merumput di Liga 1 bersama Barito Putera dan Persela Lamongan.

Tak dapat disangkal jika Kosuke Uchida adalah salah satu pemain asing Asia terbaik yang pernah menjajal ketatnya kompetisi Liga 1, tepatnya di edisi 2017 dan 2019.

Bersama Persela Lamongan, gaung Kosuke sudah disorot lantaran memiliki stamina mumpuni. Bahkan, ia tampil 90 menit dalam total 22 laga bersama Laskar Joko Tingkir.

Naas, pemain yang mengisi slot gelandang serang itu sempat mendapat cedera lutut, yang membuatnya enggan dipertahankan oleh manajemen Persela di Liga 1 2018.

Satu musim berselang, pada pertengahan Liga 1 2019, Kosuke Uchida diperkenalkan bersamaan dengan kedatangan pelatih Djajang Nurdjaman di tim Barito Putera.

Tampil dalam 18 laga musim 2019, Kosuke sangat disegani ketika ia berduet dengan pemain sayap Barito Putera, Rizky Pora. Ia turut membukukan satu gol dan satu assist.

Namun entah apa alasan manajemen hingga tidak memperpanjang kontrak Kosuke pada awal musim 2020, meski gelandang 32 tahun itu masih berharap untuk bertahan.

"Saya tidak bisa melupakan semua kenangan bersama Barito musim lalu. Saya rindu Barito, dan akan selalu ingin kembali ke Barito," ujar Kosuke beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kosuke tidak memperkuat tim manapun di awal musim 2020. Sementara di media sosial, ia masih mencantumkan Barito Putera di bio akun Instagram @kosuke1002.

Namun, dilansir dari laman Transfermarkt, Kosuke Uchida nampaknya baru mengikat kontrak dengan Master 7 FC, klub yang tampil di kompetisi kasta tertinggi Laos.

Kosuke Uchida tercatat baru saja menekan kontrak di Master 7 FC pada 11 Juni 2020 lalu, dan belum sempat menjalani debut lantaran masih merebaknya wabah Covid-19.

"Saya masih free sekarang. Saya latihan sendiri untuk menjaga kebugaran dan juga menjaga kondisi sebisa mungkin (selama Covid-19)," pungkasnya.

Sementara itu, Master 7 FC sudah menjalani laga lanjutan Lao Ligue 1 atau Liga 1 Laos 2020, dan nampak belum ada Kosuke Uchida dalam line up di beberapa pekan terakhir.