Liga Indonesia

Akhir Pekan, Skuat Persipura Manfaatkan Waktu dengan Bermain Basket

Senin, 14 September 2020 06:25 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura saat jalani latihan di Malang. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura saat jalani latihan di Malang.

INDOSPORT.COM - Skuat Persipura Jayapura punya cara tersendiri untuk mengusir kejenuhan akan porsi latihan yang berlebih. Pasukan Jacksen F. Tiago memilih memanfaatkan waktu weekend dengan bermain basket di Kawasan GOR Gajah Mada, Kota Batu, Malang, Sabtu (12/9/20).

Seluruh pemain dalam skuat Persipura beserta ofisial tim ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, kecuali penjaga gawang utama, Dede Sulaiman, yang mengalami cedera serius.

Dijelaskan eks pelatih Barito Putera ini, game tersebut untuk melatih aspek psikologis supaya anak asuhnya tidak mengalami kejenuhan akibat intensitas tinggi selama tiga pekan pemusatan latihan (TC) menjelang lanjutan Liga 1 2020.

"Kami memilih memanfaatkan waktu weekend dengan bermain basket sebagai bentuk penyegaran psikologis pemain," ujar Jacksen F. Tiago kepada awak media olahraga INDOSPORT, Minggu (13/9/20).

Menurut juru taktik berkebangsaan Brasil ini, bermain basket sama halnya dengan bersepeda, bermanfaat untuk mengurangi efek jenuh di lapangan hijau.

"Karena kami perlu melatih aspek psikologis para pemain juga. Sama dengan begitu banyak orang yang gowes di masa pandemi virus corona seperti saat ini," jelas Jacksen.

"Bermain basket juga sekaligus untuk melakukan penyegaran mental para pemain agar tetap mood dalam menjalani pemusatan latihan," tambahnya.

Persipura Jayapura sendiri diketahui tengah gencar-gencarnya mematangkan persiapan, baik dari segi fisik, taktik maupun teknik, setelah vakum selama hampir lima bulan lamanya akibat pandemi virus corona.

Peraih lima gelar juara Liga Indonesia ini telah memasuki pekan ketiga TC yang dipusatkan di Kawasan Agrowisata, Kota Batu, Malang, sejak pertama tiba pada 20 Agustus lalu.

Persipura akan menjalani TC di Batu hingga 10 hari menjelang kick-off lanjutan Liga 1 2020. Boaz Solossa dkk. akan mengakhiri masa TC dengan menggelar laga uji coba.

Seperti diketahui, Persipura akan melakoni laga kandang perdana di Stadion Gajayana Malang dengan menjamu salah satu tim kuat, Persija Jakarta, dalam lanjutan Liga 1 2020, 3 Oktober mendatang.

Manajemen Persipura Jayapura telah menjatuhkan pilihan kepada Stadion Gajayana, Malang, sebagai markas alternatif untuk mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020.