Liga Indonesia

Persipura Jayapura Kembali Jadi 'Korban' Covid-19

Kamis, 10 September 2020 22:02 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Tim Persipura Jayapura harus kembali kehilangan salah seorang pemain asingnya. Setelah Sylvano Comvalius, kali ini Persipura harus rela kehilangan Arthur Cunha. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Tim Persipura Jayapura harus kembali kehilangan salah seorang pemain asingnya. Setelah Sylvano Comvalius, kali ini Persipura harus rela kehilangan Arthur Cunha.

INDOSPORT.COM - Tim Persipura Jayapura harus kembali kehilangan salah seorang pemain asingnya. Setelah Sylvano Comvalius, kali ini Persipura harus rela kehilangan bek asal Brasil, Arthur Cunha. Kehilangan dua pemain asing tersebut disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Pasalnya, akibat virus yang berasal dari kota Wuhan, China itu membuat prosedur penerbangan dan protokol kesehatan kian diperketat, terutama bagi warga negara asing.

Dijelaskan asisten manajer Persipura, Bento Madubun, situasi pandemic ini mempengaruhi kegagalan dua pemain asing Persipura itu untuk kembali ke Indonesia.

"Situasi pandemi ini memang punya pengaruh terhadap semua situasi, termasuk sepakbola, dan ini kami alami dengan pamitnya dua pemain asing kita, Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha," ujar Bento kepada INDOSPORT, Kamis (10/09/20).

"Yang terakhir adalah Arthur, proses dan upaya kita untuk datangkan kembali Arthur ke Indonesia terus dilakukan, tetapi akhirnya memang sulit bagi mereka untuk masuk Indonesia dalam situasi ini. Padahal semua dokumen yang dibutuhkan selama di Indonesia sudah kita bereskan, termasuk visa dan lain-lain," tambah Bento.

Kata mantan wartawan senior di Jayapura ini, karena alasan tersebutlah yang membuat Arthur memutuskan untuk tidak lagi memperkuat Persipura menjelang bergulirnya lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

"Pada akhirnya, Arthur berbicara langsung dengan petinggi klub dan ia mohon pamit. Kita tidak mau juga menjadi penghambat perkembangan karir Arthur, sehingga manajemen menyetujui keinginan Arthur, dan kita proses pelepasan atau pemutusan kerja sama," pungkas Bento.

Seperti diketahui, Arthur baru saja menyatakan pamit dari Persipura dan memilih untuk tidak kembali ke Indonesia, sejak Rabu (09/09/20) malam, lewat sebuah pesan singkat di grup WhatsApp internal Persipura yang diposting kembali oleh akun instagram resmi Persipura.

Arthur bersama rekannya, Sylvano Comvalius memilih kembali ke negara asalnya masing-masing sejak skuat Persipura diliburkan karena pandemic Covid-19, mulai Maret lalu.

Keduanya juga tak kunjung bergabung dengan skuat besutan Jacksen F. Tiago dalam pemusatan latihan (TC) yang digelar di Kawasan Agrowisata, Kota Batu, Malang.