Liga Indonesia

Persipura Tak Punya Persiapan Khusus Jelang Laga Perdana Kontra Persija

Kamis, 10 September 2020 18:30 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengaku persiapan timnya sejauh ini dalam pemusatan latihan (TC) di Kota Batu, Malang, tetap berjalan seperti biasanya dan tak banyak perubahan.

Kata Jacksen, meski akan menantang salah satu tim kuat, Persija Jakarta di laga perdana lanjutan Liga 1 2020, timnya tak ada persiapan khusus dan hanya menjalankan program latihan seperti keadaan normal biasanya.

Meski begitu, pelatih asal Brasil ini mengaku menaikkan intensitas latihan fisik dan taktik, mengingat timnya telah vakum berlatih selama hampir lima bulan akibat pandemi Covid-19. 

"Kesiapan jelang lawan Persija tetap berjalan normal. Yang jelas tidak ada terlalu banyak perbedaan, cuma taktik dan fisik yang kita tingkatkan volume-nya," ujar Jacksen Tiago, Kamis (10/09/20). 

Saat ini, Jacksen menyebutkan jika anak asuhnya tengah fokus pada peningkatan fisik dan taktik sebagai faktor utama yang menjadi perhatian pasca libur.

"Saya rasa itu yang jadi fokus kita, seperti menaikkan volume latihan dengan cukup tinggi. Kita sudah latihan dengan jeda waktu recovery yang sangat singkat dan kita kasih volume yang agak tinggi karena kita memberi libur dua hari di hari Sabtu dan Minggu, agar tiap pekannya mereka bisa memulai latihan lagi dengan bugar," jelas Jacksen.

Selain meningkatkan fisik dan taktik, skuat Mutiara Hitam juga memperbanyak simulasi latihan untuk mengukur kemampuan Boaz Solossa dan kolega dalam menghadapi tekanan saat melakoni pertandingan Liga 1.

Hal tersebut dilakukan mengingat Persipura belum mendapatkan lawan tanding yang selevel, setelah rencana menghadapi Persebaya Surabaya urung terlaksana dalam waktu dekat.

"Kita perbanyak situasi pertandingan besar dan latihan di lapangan besar, lebih realistis dengan keadaan, karena kita sudah pasti tidak bisa sembarang menjalankan laga ujicoba, dari hari ke hari kita coba memainkan beberapa game, simulasi taktik dan simulasi pertandingan real dengan pemain kita sendiri," pungkas Jacksen. 

Berdasarkan jadwal yang baru dirilis oleh PT LIB, Persipura akan memulai lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dengan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gajayana, Malang, pada 3 Oktober mendatang.