Liga Indonesia

Robert Alberts Tak Masalah Liga 1 Tetap Lanjut Meski Ada Pemain yang Terpapar Covid-19

Senin, 14 September 2020 23:03 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan mengenai kemungkinan Liga 1 2020 tetap berjalan meski ada pemain yang terpapar Covid-19. Copyright: © Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan mengenai kemungkinan Liga 1 2020 tetap berjalan meski ada pemain yang terpapar Covid-19.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan mengenai kemungkinan Liga 1 2020 tetap berjalan meski ada pemain yang terpapar Covid-19.

Menurut Robert Alberts, kebijakan kompetisi tetap digulirkan meski ada pemain yang terkena Covid-19, juga diberlakukan di kompetisi negara lain terutama di Eropa. Sehingga, pihaknya tidak mempermasalahkan.

"Itu sama dengan kompetisi negara lain. Jika ada pemain dari salah satu tim positif, liga tetap dilanjutkan. Itu sama dengan kompetisi negara lain. Kami harus bisa hidup dengan berdampingan dengan Covid," kata Robert Alberts.

Meski begitu, pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini akan tetap waspada agar pemain, staf pelatih, dan official tim Persib tidak ada yang terpapar virus corona. Pihaknya pun mengingatkan semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan ketat saat beraktivitas di dalam maupun luar lapangan.

Persib Bandung di masa persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020 ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan, saat akan menggelar laga uji coba, skuat Maung Bandung dan tim lawan harus lebih dulu melalui tes Covid-19.

Seperti saat uji coba menghadapi Tira Persikabo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (05/09/20). Saat itu baik Persib Bandung maupun Tira Persikabo melakukan tes lebih dulu untuk pemain, jajaran pelatih, dan official tim, satu hari sebelum uji coba.

"Tapi kami juga harus memastikan tidak tertular, tetap sehat, mengikuti protokol yang ada dan disiplin. Semua harus memahami itu," tegas Robert Alberts.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat Liga 1 2020 dilanjutkan kembali. Bahkan, untuk mencegah penyebaran virus corona, LIB akan melarang pemain yang flu dan batuk untuk bermain.

Sementara itu, lanjutan Liga 1 2020 akan digelar pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Persib akan mengawali pertandingan pada 4 Oktober mendatang menghadapi tuan rumah Madura United dan 10 Oktober dijamu Barito Putera.