Liga Indonesia

Batal Uji Coba Lawan Tira-Persikabo, Persib Jajal 'Adiknya' Sendiri

Rabu, 16 September 2020 05:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© media officer Persib
Pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi (kiri) dan Wander Luiz (kanan) berlatih di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (18/8/20). Copyright: © media officer Persib
Pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi (kiri) dan Wander Luiz (kanan) berlatih di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (18/8/20).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung kemungkinan besar batal melakoni laga uji coba kontra tuan rumah Tira-Persikabo pada Sabtu (17/9/20) akibat adanya kebijakan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK). 

Menurut pelatih Robert Rene Alberts, duel menghadapi Tira-Persikabo sebelumnya sudah digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (5/9/20). Akhir pekan ini rencananya giliran Maung Bandung bertamu ke Stadion Pakansari. 

Namun, dengan adanya PSBMK membuat agenda pertandingan uji coba sebagai bentuk persiapan mengarungi lanjutan Liga 1 2020 terpaksa dibatalkan. 

"Saya mendapat informasi bahwa Bogor sudah mulai lockdown. Sepertinya tak ada pertandingan menghadapi Tira-Persikabo. Bogor lockdown, jadi sepertinya kami tidak bisa memakai stadion," kata Robert Rene Alberts. 

Meski batal bertanding dengan Tira-Persikabo, Persib Bandung akan tetap menggelar laga uji coba pada akhir pekan ini. Sudah ada tim yang siap beruji coba dengan Supardi Nasir dkk. 

Tim yang akan menghadapi Persib pada pertandingan uji coba akhir ini adalah Bandung United yang sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Liga 3 2020 dan tim sepak bola Jawa Barat untuk PON 2021. 

Sebagai informasi, Bandung United merupakan tim satelit Persib dan dilatih oleh Lukas Tumbuan dan berisikan sejumlah pemain pinjaman. Mereka antara lain Aqil Savik yang berposisi sebagai penjaga gawang, Indra Mustafa, Agung Mulyadi, dan Wildan Ramdhani.

"Kami hanya akan memainkan pertandingan hari Sabtu, kami ada Bandung United dan PON karena mereka sudah mulai berlatih. Jadi kami ada dua tim lokal yang akan menjadi lawan untuk uji coba," cetus Robert Rene Alberts

Sama seperti uji coba sebelumnya saat menjamu Tira-Persikabo, setiap tim yang akan beruji coba dengan Persib di Stadion GBLA, Kota Bandung, harus lebih dulu menjalani tes untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Karena semua tim yang datang ke GBLA harus melalui tes. Kami tak bisa mengajak tim tanpa tes terlebih dulu karena amat berbahaya. Kami harus bersiap," tegasnya. 

Sementara itu, selain uji coba, Persib Bandung sudah beberapa kali menggelar game internal untuk melihat perkembangan pemain sebelum mengarungi lanjutan Liga 1 2020 mulai 1 Oktober mendatang.