Liga Indonesia

Liga 1 Tinggal Dua Pekan, Persipura Dilema Belum Dapat Lawan Tanding

Kamis, 17 September 2020 20:25 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang.

INDOSPORT.COM - Klub Persipura Jayapura semakin terperangkap dalam dilema di sisa waktu dua pekan menjelang bergulirnya lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Pasalnya, sampai hari ini, Persipura belum juga mendapatkan lawan tanding untuk berujicoba.

Sang pelatih, Jacksen Tiago membeberkan, belum adanya lawan tanding membuat timnya kini kian dilema. Di satu sisi, Persipura membutuhkan lawan tanding yang sepadan dan sesama tim Liga 1. Sementara di sisi lainnya, mereka tak bisa memaksakan kehendak di masa pandemic Covid-19.

"Sejauh ini, dilema kita hanya laga ujicoba karena di satu sisi kita butuh, tapi di satu sisi lainnya juga kita harus benar-benar bijak dalam memilih lawan di kondisi seperti sekarang, sehingga mungkin kendala kita saat ini yah itu saja, memilih lawan yang tepat dengan kondisi protokol kesehatan yang baru ini," ujar Jacksen, Kamis (17/09/20).

Juru taktik asal Brasil ini hanya mau anak asuhnya berujicoba dengan Persebaya Surabaya karena alasan teknis. Hanya saja, tim Bajul Ijo itu belum juga memberikan jawaban.

"Kita sudah sempat menghubungi mereka (Persebaya), saya tahu Persebaya baru berkumpul beberapa waktu saja, dan tidak mungkin kita langsung mau berujicoba," ungkap Jacksen.

"Kita sudah pernah bertemu, sehingga dari aspek teknis maupun taktik dan strategi sudah tidak ada kepentingan lagi, selain kota hanya fokus pada persiapan tim kita masing-masing," tambah Jacksen.

Meskipun begitu, Jacksen tak mau tergesa-gesa membuat keputusan, jika saja Persebaya nantinya tetap tak mau menerima tawaran berujicoba. Karena menurut dia, idealnya ujicoba bagi anak asuhnya baru bisa digelar tujuh sampai sepuluh hari menjelang lanjutan Liga 1.

"Tapi menurut saya, kita baru bisa menggelar ujicoba itu di waktu tujuh atau sepuluh hari menjelang Liga di mulai," pungkasnya.

Skuat Mutiara Hitam kini telah memasuki pekan keempat pemusatan latihan di Kota Batu, Malang. Boaz Solossa dan kolega akan melakoni laga perdana lanjutan Liga 1 2020 dengan menjamu Persija Jakarta di Stadion Gajayana, Malang, pada 3 Oktober mendatang.