Liga Spanyol

Ronald Koeman 'Dilarang' Latih Barcelona Saat LaLiga, Kenapa?

Kamis, 17 September 2020 16:01 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Isman Fadil
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Ronald Koeman nampak tetap tak bisa tukangi Barcelona di laga resmi termasuk LaLiga Spanyol karena suatu alasan. Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Ronald Koeman nampak tetap tak bisa tukangi Barcelona di laga resmi termasuk LaLiga Spanyol karena suatu alasan.

INDOSPORT.COM - Meskipun sudah tampil sebagai pelatih utama Barcelona dan gantikan Quique Setien di beberapa laga pramusim, Ronald Koeman ternyata belum bisa resmi membantu di LaLiga Spanyol 2020-2021.

Sejak bergulirnya musim lalu, semua kalangan mungkin sepakat jika El Barca benar-benar sudah gagal total membangun imej tim terkuat di Negeri Matador. Bagaimana tidak? Dalam satu musim itu mereka tak bisa menangi gelar satu pun sekaligus mengulang sejarah kelam kala dilatih Frank Rijkaard.

Tentu pencapaian ini tentu sangat menyedihkan mengingat Barca bahkan sudah mengambil langkah antisipasi dengan pemecatan Ernesto Valverde dan menggantikannya dengan Setien. Akan tetapi ini malah menjadi insiden fatal usai insiden memilukan dipecundangi 2-8 oleh Bayern Munchen di Liga Champions.

Tak heran dengan berbagai kegagalan itu Barcelona tengah berupaya membangun lagi kekuatan untuk bisa lakoni LaLiga Spanyol musim lanjutan dengan cara menunjuk Koeman sebagai pelatih baru. Akan tetapi pada kenyataannya sang juru taktik anyar belum diperbolehkan untuk bisa membantu di pertandingan resmi.

Melansir laman berita Daily Mail, kabarnya sang pelatih asal Belanda tersebut belum punya wewenang menukangi Blaugrana walaupun tenggat waktu pertandingan pembukaan kompetisi kasta atas Spanyol kontra Villarreal kian dekat. Ini semua dikarenakan Setien yang masih belum resmi dipecat.

Meskipun Josep Maria Bartomeu selaku presiden Azulgrana sudah mengusir Setien, pada kenyataannya penyelesaian kontrak masih belum ada kejelasan. Maklum, mantan pelatih Real Betis itu terkesan baru laksanakan tugas hanya seumur jagung alias sekitar enam bulan saja gantikan Valverde.

Sejak menukangi 25 pertandingan segala kompetisi tanpa berhasil menangkan satu trofi sekaligus kejadian memalukan sepanjang sejarah di pentas Eropa, tak heran Setien gagal membuat para Cules puas. Imbasnya pun kian merembet ketika Lionel Messi selaku pemain andalan klub mau angkat kaki.

Tak heran bukan suatu hal mengagetkan jika Bartomeu langsung mengkambinghitamkan Setien dan Eric Abidal selaku direktur olahraga Barcelona. Mengingat LaLiga Spanyol akan segera bergulir, kini Barca sedang berpacu dengan waktu menyelesaikan masalah agar Koeman bisa segera jadi pelatih resmi.