Bola Internasional

Hasil Pertandingan Bundesliga: Dortmund vs Moenchengladbach, Pesta Tuan Rumah

Minggu, 20 September 2020 01:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Bundesliga
Pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Gladbach dalam pertandingan Bundesliga Jerman, Sabtu (19/9/20). Copyright: © Bundesliga
Pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Gladbach dalam pertandingan Bundesliga Jerman, Sabtu (19/9/20).

INDOSPORT.COMBorussia Dortmund mengalahkan Borussia Moenchengladbach 3-0 di laga pekan perdana Bundesliga Jerman, Sabtu (19/09/20) malam WIB.

Kompetisi Bundesliga Jerman musim 2020/2021 akhirnya kembali digelar akhir pekan ini. Juara bertahan Bayern Munchen didapuk memainkan pertandingan pembuka dengan menghadapi Schalke, Sabtu (19/09/20) dini hari WIB yang berakhir dengan hasil kemenangan telak 8-0 untuk sang juara.

Sementara itu, Sabtu (19/09/20) malam WIB digelar enam laga lanjutan, termasuk duel akbar antara dua tim penghuni empat besar musim lalu, yakni Borussia Dortmund menjamu Borussia Moenchengladbach.

Berambisi menjadi juara musim ini setelah hanya finis di peringkat kedua musim lalu, tim tuan rumah menurunkan skuat terbaiknya, termasuk Jadon Sancho dan Erling Haaland. Apalagi, rival utama mereka Bayern Munchen sudah lebih dulu mengawali musim ini dengan menang telak 8-0.

Di menit ketujuh Die Borussen sempat mendapat peluang melalui Giovanni Reyna memanfaatkan umpan Sancho. Sayangnya, penyelesaian pemuda Amerika Serikat itu masih jauh dari sasaran.

Gladbach sempat membalas melalui Lars Stindl di menit kelima belas, tapi sundulannya juga gagal untuk membuka skor.

Tuan rumah kembali mendapatkan sejumlah peluang melalui penyerang andalan Erling Haaland, tapi aksi bintang muda Norwegia itu juga gagal membuahkan hasil.

Baru di menit ke-35, Giovanni Reyna berhasil membuka skor untuk tuan rumah, memanfaatkan umpan matang pemain anyar Jude Bellingham.

Enam menit kemudian, Dortmund mendapatkan peluang emas untuk menggandakan kedudukan. Namun sundulan Jadon Sancho membentur mistar gawang sehingga skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Baru beberapa menit babak kedua berjalan, tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti, tepatnya di menit ke-54 usai Giovanni Reyna dijatuhkan oleh Ramy Bensebaini. Erling Haaland yang menjadi algojo sukses menuntaskan tugasnya untuk menggandakan keunggulan.

Lima menit kemudian, giliran Borussia Monchengladbach yang mendapatkan penalti. Namun, hadiah tersebut dibatalkan setelah wasit memeriksa kejadian tersebut melalui VAR.

Di menit ke-77, Erling Haaland berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Berawal dari serangan yang tersusun rapi, Jadon Sancho berhasil melepaskan assist lewat umpan terobosan yang dituntaskan dengan baik oleh Haaland.

Skor 3-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan hasil ini, Borussia Dortmund menempati posisi ketiga klasemen sementara Bundesliga Jerman, di bawah Bayern Munchen dan Hertha Berlin, yang punya produktivitas gol lebih baik.

Susunan pemain:

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Burki; Akanji, Hummels, Can; Meunier, Witsel, Bellingham, Hazard; Sancho, Reyna; Haaland.

Borussia Moenchengladbach (3-4-3): Sommer; Ginter, Elvedi, Bensebaini; Lainer, Kramer, Neuhaus, Wendt; Wolf, Stindl, Hofmann.