Liga Indonesia

Jelang Restart Liga 1, Persiraja Gelar Swab Test dan Segera ke Jawa

Senin, 21 September 2020 20:25 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persiraja
Persiraja Banda Aceh menggelar swab test sebelum restart Liga 1 2020. Copyright: © Media Persiraja
Persiraja Banda Aceh menggelar swab test sebelum restart Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Klub promosi Liga 1 2020, Persiraja Banda Aceh, melakukan swab test terhadap 28 pemain dan 11 ofisial tim di Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, Senin (21/9/20) pagi. 

Beberapa hari kemudian, Persiraja akan bertolak ke Jawa. Swab test merupakan perintah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi yang mewajibkan setiap klub untuk melakukannya sebanyak 12 kali sepanjang kompetisi lanjutan Liga 1 2020.

Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam, saat dikonfirmasi awak media membenarkan pihaknya menggelar swab test dan berharap semua hasilnya nanti tidak ada yang positif tertular virus corona.

"Iya benar, pemain dan pelatih, serta ofisial tim sudah melakukan swab test pagi tadi. Semoga hasilnya negatif dan perjalanan Persiraja Banda Aceh di kompetisi Liga 1 berjalan baik," kata Nazaruddin Dek Gam.

Sementara itu, Sekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, yang hadir langsung bersama pemain dan ofisial tim menyebut, swab test merupakan syarat wajib yang ditetapkan PT LIB dan PSSI untuk lanjutan Liga 1.

"Hasil tes ini akan keluar dalam dua hari dan nantinya akan diunggah ke sistem pendaftaran pemain operator liga," kata Rahmat Djailani.

Terkait biaya tes, kata Rahmat lagi, tes yang pertama dilakukan hari ini didukung Pemerintah Kota Banda Aceh, sedangkan 11 lainnya akan dibiayai PSSI.

Lanjut Rahmat, dijadwalkan akhir pekan ini tim akan berangkat ke Jawa, tepatnya Yogyakarta. Selama restart Liga 1 ini, klub berjuluk Laskar Rencong ini menggunakan Stadion Maguwoharjo, Sleman, sebagai home base.

"Insha Allah tim akan bertolak ke Yogjakarta pada 27 September nanti. Mudah-mudahan hasilnya (swab test) tidak ada yang positif (virus corona)," pungkasnya.

Sebagai informasi, restart Liga 1 2020 akan bergulir per 1 Oktober mendatang dan dilanjutkan dari pekan ke-4. Persiraja Banda Aceh akan melakoni laga kontra PSM Makassar pada 4 Oktober.