Liga Indonesia

PT LIB Sosialisasikan Regulasi U-20 dan Pergantian Pemain untuk Liga 1

Selasa, 22 September 2020 13:48 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra‎ (kanan) dan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita‎ (kiri) seusai manager meeting di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra‎ (kanan) dan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita‎ (kiri) seusai manager meeting di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/20).

INDOSPORT.COM - Manajer Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra, sudah mensosialisasikan regulasi pemain U-20 dan pergantian pemain untuk lanjutan kompetisi Liga 1 2020, yang akan bergulir 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. 

Menurut Asep, pada manager meeting yang digelar di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020), pihaknya sudah menjelaskan secara rinci mengenai regulasi pemain U-20 kepada perwakilan tim peserta Liga 1 2020. 

Saat Liga 1 2020 bergulir, setiap tim wajib memasukan dua nama pemain U-20 dalam daftar susunan pemain (DSP). Meski begitu, tidak ada kewajiban klub menurunkan pemain tersebut dalam pertandingan. 

"Dari regulasi yang sudah kami sosialisasikan dua pemain U-20 wajib masuk line up meskipun memang tidak wajib dimainkan," ucap Asep seusai manager meeting di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/20). 

Asep menambahkan, pada manager meeting dijelaskan juga mengenai perubahan komposisi dalam daftar susunan pemain. Sebelumnya, hanya 18 pemain yang masuk DSP, yakni 11 pemain utama dan 7 cadangan. 

Kali ini menurut Asep, dalam DSP akan diisi oleh 21 pemain, dengan komposisi 11 pemain utama atau starting eleven dan 10 cadangan dua diantaranya wajib pemain U-20.

Selain itu, sebelumnya hanya ada kuota tiga pergantian, namun kali ini setiap tim diperbolehkan melakukan pergantian sebanyak 5 pemain dalam pertandingan. 

"Nah ada lagi perubahan, kalau diregulasi pemain cadangan itu ada 7, maka dengan pergantian yang boleh sampai 5 pemain, akan ada 10 pemain cadangan. Sehingga total di line up ada 21. Maka ada dua pemain U-20 dengan kriteria kelahiran 1 Januari 2001," jelas Asep. 

Sementara itu, beberapa klub sudah memiliki pemain U-20 dan didaftarkan sejak awal musim lalu. Namun, menjelang lanjutan Liga 1 2020 tak sedikit yang mendatangkan tambahan pemain U-20 untuk menambah kuota, seperti yang dilakukan Persib Bandung. 

Tim kebanggaan Bobotoh ini, merekrut empat pemain U-20 dari Diklat Persib yakni Kakang Rudianto, Ardi Maulana, Saiful dan Ravil Shandyka Putra. Sebelumnya, di awal musim Maung Bandung sudah mendaftarkan dua pemain U-20 yakni Beckham Putra Nugraha dan Mario Jardel. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%