Liga Indonesia

Umuh Ingatkan Bobotoh Ikuti Aturan Saat Persib Arungi Lanjutan Liga 1

Selasa, 22 September 2020 11:14 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Umuh Muchtar mengingatkan kepada Bobotoh untuk tidak mendekat di sekitar stadion saat Persib melakoni laga kandang lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Umuh Muchtar mengingatkan kepada Bobotoh untuk tidak mendekat di sekitar stadion saat Persib melakoni laga kandang lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, mengingatkan kepada Bobotoh untuk tidak mendekat dan berkerumun di sekitar stadion saat Persib melakoni laga kandang lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Menurutnya, dalam regulasi yang disepakati klub dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), seluruh pertandingan lanjutan Liga 1 2020 digelar tanpa penonton, sebagai salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, jika supporter memaksakan diri mendekat ke stadion dan berkerumun, maka akan merugikan klub. Karena, tim akan mendapatkan hukuman tegas.

"Kalau supporter sayang sama timnya sendiri harus ikuti aturan, itu sudah baku jadi PSSI mengeluarkan aturan tidak ada penonton.

"Kalau memaksakan datang menonton itu tidak boleh dan nonton bareng juga sama tidak boleh. Harus nonton di rumah masing-masing," ucap Umuh.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai manajer Persib ini menambahkan, hukuman yang diberikan jika supporter memaksakan datang ke stadion yakni timnya akan dinyatakan kalah, walaupun dalam pertandingan meraih kemenangan.

"Kalau ada seperti itu misalnya Persib main lawan Malang atau Lamongan, main tetep Persib tuan rumah tapi di luar banyak bergerombol Bobotoh ditegur tidak bisa bubar, itu walaupun kita menang dianggap kalah. Kalau imbang tetep aja kalah," kata Umuh.

Aturan mengenai hukuman tersebut menurut Umuh, sudah disepakati oleh tim peserta Liga 1 dan PT LIB dalam manager meeting di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020).

"Itu sudah kesepakatan, kalau ada yang bandel tim yang dapat hukuman. Sekarang bukan di kurangi poin tapi dianggap kalah," tegas Umuh.

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini berharap, Bobotoh bisa mengikuti aturan yang diterapkan saat lanjutan Liga 1 2020, 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021, dengan tidak hadir di stadion dan disarankan untuk menyaksikan tim Maung Bandung melalui televisi di kediaman masing-masing.

"Mudah-mudahan kepada semua Bobotoh sayanglah kepada Persib, kalau sudah tidak pandemi kita bebas lagi nonton tidak masalah," ungkap Umuh.

Sementara itu, selama masa persiapan lanjutan Liga 1 2020 Persib berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung dan menerapkan protokol kesehatan, di antaranya menggelar latihan tertutup.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%