Liga Spanyol

Imbas Ronald Koeman, Legenda Barcelona Bahayakan Timnas Belanda

Rabu, 23 September 2020 11:44 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ilustrasi/INDOSPORT
Frank de Boer (kiri) dianggap akan membahayakan Timnas Belanda usai ditunjuk gantikan Ronald Koeman yang gabung raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Copyright: © Ilustrasi/INDOSPORT
Frank de Boer (kiri) dianggap akan membahayakan Timnas Belanda usai ditunjuk gantikan Ronald Koeman yang gabung raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

INDOSPORT.COM - Kepergian Ronald Koeman untuk melatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, memberikan efek domino ke Timnas Belanda yang kini berada dalam bahaya karena dapat pelatih baru.

Semenjak mendapatkan hasil mengecewakan musim lalu layaknya era Frank Rijkaard, El Barca secara putus asa memutuskan untuk memecat Quique Setien dan mendesak agar Koeman yang masih menukangi timnas Negeri Kincir Angin jadi pelatih utama.

Meninggalkan tugas negara secara mendadak demi ambisi pribadi membuat Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) ketar ketir mencari penggantinya. Melansir laman Football Critic, kini mereka pun mendapat harapan dengan mengusulkan Frank De Boer.

Merupakan alumni Barcelona layaknya Koeman, De Boer ditugasi untuk membangkitkan kejayaan Timnas Belanda seperti sedia kala. Akan tetapi hasrat mereka bisa jadi berujung sia-sia karena rentetan pengalaman buruk si pelatih anyar.

Ya, De Boer punya predikat sebagai pelatih yang hanya seumur jagung kala menukangi beberapa klub besar di Eropa. Saat bersama Inter Milan, legenda Belanda ini hanya bertahan setengah musim saja begitupun kala menukangi Crystal Palace di Liga Inggris.

Kinerja dari dirinya sendiri bahkan mendapat sorotan dari Jose Mourinho yang menuding jika De Boer adalah pelatih terburuk seantero kompetisi kasta atas Inggris. Berpindah ke Major League Soccer (MLS) dan bergabung Atlanta United, karier dari legenda Barca ini tak memiliki perubahan.

Tak heran berbagai kekurangan itu membuat pelatih baru ini bisa membahayakan kinerja Der Oranje kala menjalani jeda internasional Oktober mendatang. Sesungguhnya KNVB punya kandidat lebih baik yakni Rijkaard, namun sayang pelatih ini justru menolak tawaran itu.

Tak jauh berbeda dengan Timnas Belanda, Barcelona pun kini tengah menghadapi krisis bahkan jelang bergulirnya LaLiga Spanyol. Keputusan Koeman mengusir Luis Suarez berbuntut panjang hingga melibatkan keputusan resign para petinggi klub.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%