Liga Indonesia

Para Pemain Belakang Persib Latihan Lebih Awal, Ini Alasan Pelatih

Rabu, 23 September 2020 20:44 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/08/20). Copyright: © Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/08/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, membeberkan alasan memulai latihan lebih awal bagi pemain belakang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (23/09/20).

Menurut Robert Alberts, pihaknya sengaja memberikan program khusus kepada pemain belakang, untuk persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Pasalnya, sebelumnya pemain depan sudah lebih dulu menjalankan program lebih awal dengan materi khusus.

Sebagai informasi, sebanyak delapan pemain Persib, yakni Fabiano Beltrame, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando, Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Ardi Idrus dan Kakang Rudianto berlatih lebih awal yakni sejak pukul 08.30 WIB.

Kedelapan pemain tersebut, digembleng oleh asisten pelatih Budiman dan pelatih fisik Yaya Sunarya di lapangan hijau dan mendapatkan materi simulasi cara mengantisipasi serangan lawan, baik melalui open play maupun set piece.

"Sebelumnya kami mempunyai latihan (lebih awal) untuk striker dengan materi latihan mereka sendiri. Lalu, hari ini ada latihan lebih awal untuk pemain belakang. Mungkin pekan depan ada latihan (lebih awal) untuk gelandang," kata Robert Alberts seusai memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api GBLA Kota Bandung, Rabu (23/09/20).

Robert Alberts menambahkan, sudah mempersiapkan program yang berbeda bagi pemain seusai dengan posisinya. Namun, kondisi lapangan yang tidak memadai membuatnya harus menggelar latihan lebih awal bagi anak asuhnya seusai dengan program yang sudah disiapkan.

"Kami mempunyai beberapa pembagian dengan latihan yang spesifik di setiap posisinya. Jika hanya mempunyai satu lapangan untuk berlatih, maka harus menyebar untuk menjaga kondisi lapangan karena akan digunakan di liga," ucapnya.

"Tidak ada lapangan latihan lainnya bagi kami untuk saat ini dengan standar seperti ini. Kami butuh lapangan dengan standar seperti ini. Maka dari itu, pemain belakang diminta untuk datang lebih awal untuk dilatih materi yang spesifik" jelasnya.

Jika Persib memiliki lapangan latihan khusus, maka Robert Alberts tidak perlu menggelar latihan lebih awal bagi beberapa pemainnya.

"Tentunya akan lebih bagus jika kami mempunyai lapangan latihan sendiri. Satu posisi berlatih di satu lapangan dan posisi lain berlatih di lapangan lainnya. Itu yang harusnya dilakukan di sepakbola profesional, tapi situasinya seperti ini sekarang," ungkapnya.

Sementara itu, skuat Maung Bandung masih memiliki waktu sekitar dua pekan untuk mematangkan persiapan, sebelum menghadapi laga awal lanjutan Liga 1 2020 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP), Pamekasan, 4 Oktober mendatang.