Bola Internasional

Tak Ada Messi dan Ronaldo, Ini Nominasi Pemain Terbaik UEFA 2020

Rabu, 23 September 2020 21:33 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Catherine Ivill/NurPhoto/GettyImages
Pemain Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo, pemain Juventus memiliki jumlah gol yang sama hingga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019-2020. Copyright: © Catherine Ivill/NurPhoto/GettyImages
Pemain Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo, pemain Juventus memiliki jumlah gol yang sama hingga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019-2020.

INDOSPORT.COM - Tanpa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, ini nominasi pemain terbaik UEFA 2020. 

UEFA telah mengumumkan nominasi pemain terbaik atau UEFA Men's Player of the Year 2020. Tahun ini, megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dari Barcelona, gagal menembus peringkat tiga besar. 

Bagi Cristiano Ronaldo, ini merupakan yang pertama setelah sembilan edisi terakhir UEFA Men's Player of The Year. Sebelumnya, sejak 2011, CR7 selalu masuk tiga besar. 

Hal ini terbilang wajar, karena seiring bertambahnya usia, Ronaldo dan Messi mulai terlihat menunjukkan penurunan performa. Di Liga Champions musim lalu, keduanya sama-sama hanya mengemas tiga gol.

Tiga pemain yang masuk dalam 3 besar tahun ini adalah Robert Lewandowski, Manuel Neuer dari Bayern Munchen dan bintang Manchester City, Kevin De Bruyne 

Lewandowski keluar sebagai topskor di Liga Champions dengan 15 gol, membuatnya dijagokan memenangi Pemain Terbaik UEFA 2020. Rekan setimnya, Neuer, juga sukses menembus tiga besar setelah membantu Bayern tetap clean sheet di final melawan Paris Saint-Germain.

Dominasi Bayern Munchen pada daftar kandidat peraih penghargaan terbaik UEFA bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Die Roten sukses merengkuh treble winner pada musim lalu, yakni Bundesliga, DFB Pokal, dan juga Liga Champions.

Pada edisi kali ini, UEFA juga akan memberi penghargaan kepada pelatih terbaik. Tiga nama yang menghuni tiga besar yakni, Hansi Flick (Bayern Munchen), Jurgen Klopp (Liverpool), dan Julian Nagelsmann (RB Leipzig).

Finalis UEFA Men's Player of the Year:

Tiga Besar

  • Robert Lewandowski (Bayern Munchen)
  • Kevin De Bruyne (Manchester City)
  • Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Pemain peringkat keempat hingga 10:

4. Lionel Messi (Barcelona) 53 suara

5. Neymar (Paris Saint-Germain) 53 suara

6. Thomas Muller (Bayern Munchen) 41 suara

7. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) 39 suara

8. Thiago Alcántara (Bayern Munchen) 27 suara

9. Joshua Kimmich (Bayern Munchen) 26 suara

10. Cristiano Ronaldo (Juventus) 25 suara