Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris Brighton vs Man United: Tiang dan Penalti Bantu Setan Merah

Sabtu, 26 September 2020 20:29 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Glyn Kirk - Pool/Getty Images
Striker Manchester United, Marcus Rashford melepaskan tendangan kaki kirinya ke gawang Brighton. Copyright: © Glyn Kirk - Pool/Getty Images
Striker Manchester United, Marcus Rashford melepaskan tendangan kaki kirinya ke gawang Brighton.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan pekan ketiga Liga Inggris 2020/21 antara Brighton vs Manchester United, Sabtu (29/09/20) malam WIB.

Manchester United membidik kemenangan pertama saat bertandang ke markas Brighton di Amex Stadium. Ada tiga pergantian dalam starting XI Setan Merah kali ini dari skuat yang Ole Gunnar Solskjaer turunkan saat kalah dari Crystal Palace pekan lalu.

Bukannya bermain bak menunjukkan tekad untuk menang, Manchester United justru tertekan oleh serangan Brighton, terutama di babak pertama. Bahkan, mereka terbawa alur permainan lambat dari tim tuan rumah.

Di babak pertama, Manchester United memang sedikit menguasai bola hingga 50,2 persen. Akan tetapi, total tembakan Brighton lebih banyak, yakni 7 berbanding 3 milik tim tamu.

Setelah melancarkan serangan bertubi-tubi, Brighton bahkan berhasil mencetak gol terlebih dahulu. Berawal dari pelanggaran Bruno Fernandes kepada sayap Tariq Lamptey di area penalti.

Neal Maupay selaku eksekutor penalti dengan cerdik melepaskan tembakan Panenka buat mengecoh kiper Manchester United, David De Gea. Brighton pun unggul 1-0 pada menit ke-40.

Tiga menit berselang, Manchester United mencetak gol penyama kedudukan. Pemain Brighton, Lewis Dunk, tak sengaja menceploskan bola ke gawangnya sendiri ketika berusaha menghalau operan Nemanja Matic.

Pertandingan babak pertama Liga Inggris antara Brighton vs Manchester United pun berakhir imbang 1-1.

Di awal babak kedua, Manchester United langsung dikejutkan dengan Brighton kembali mendapat hadiah penalti usai Aaron Connolly dijatuhkan Paul Pogba.

Akan tetapi, keputusan dibatalkan oleh Video Assistant Referee (VAR). Untung bagi kubu Manchester United.

Pada menit ke-55, Manchester United berbalik unggul 2-1. Dalam skema serangan balik, Bruno Fernandes melepaskan umpan yang dengan cantik dikonversikan menjadi gol oleh Marcus Rashford.

Brighton berupaya mencari gol lagi dan terus menekan Manchester United. Hanya saja, keberuntungan masih jauh dari kubu tuan rumah.

Bahkan, beberapa upaya nyata Brighton acapkali membentur tiang atau mistar gawang Manchester United, seperti tembakan dari Solly March pada menit ke-60 dan Leandro Trossard pada menit ke-76. Tercatat, selama duel berlangsung, tuan rumah melepas 5 tembakan yang membentur gawang Manchester United.

Usaha Brighton akhirnya berbuah manis di ujung pertandingan lewat sundulan Solly March pada menit ke90+4. Namun, drama terjadi jelang bubar.

Manchester United mendapat hadiah penalti setelah pemain Brighton melakukan handsball di kotak terlarang.

Bruno Fernandes selaku eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya pada menit ke 90+9. Pertandingan pun bubar dengan kemenangan 3-2 Manchester United atas Brighton.

Susunan XI Brighton vs Manchester United
Brighton (3-4-3): Ryan; White, Dunk, Webster; Lamptey, Lallana, Alzate, March; Trossard, Connolly, Maupay.

Man United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw; Matic, Pogba; Greenwood, Fernandes, Rashford; Martial