Liga Indonesia

Pelatih Persib: Tidak Ada Nyawa Sebanding dengan Permainan Sepak Bola

Rabu, 30 September 2020 14:40 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin latihan di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin latihan di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menerima dan menghormati keputusan yang diambil PSSI untuk menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 satu bulan kedepan, dari Oktober ke November 2020. 

Menurut Robert Alberts, keputusan PSSI untuk menunda kick off lanjutan Liga 1 2020 harus dihormati, lantaran ada banyak pertimbangan yang membuat kompetisi terpaksa ditunda, salah satunya untuk kesehatan banyak pihak lantaran penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang saat ini terus meningkat. 

Sebagai informasi, PSSI secara resmi memutuskan untuk menunda kick off lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, setelah melakukan koordinasi dengan Kemenpora dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (29/09/20). 

PSSI mengambil keputusan untuk menunda kick off kompetisi, setelah pihak Kepolisan tidak memberikan izin keramaian, dengan pertimbangan situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat. 

"Jika liga ditunda, maka kami harus menerima kesehatan, keselamatan lebih penting ketimbang memulai Liga terlalu cepat jika situasinya belum terkendali," kata Robert Alberts

Pelatih asal Belanda ini menuturkan, kesehatan dan keselamatan banyak pihak lebih penting di bandingkan sepak bola. Apalagi, kasus corona di beberapa daerah mengalami peningkatan, sehingga cukup berisiko jika kompetisi tetap digelar sesuai rencana di bulan Oktober. 

"Saya tidak bisa memaksakan pemain saya untuk masuk ke lingkungan yang berisiko tinggi terpapar Covid, karena akhirnya berdampak lagi ke keluarga. Tidak ada nyawa dan sebanding dengan permainan sepak bola," tegasnya. 

Sementara itu, Persib sudah memulai latihan sejak awal Agustus 2020 lalu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, untuk persiapan mengarungi lanjutan Liga 1 2020 di bulan Oktober. 

Sebelumnya, skuat Maung Bandung dijadwalkan akan melakoni pertandingan tandang di awal lanjutan kompetisi, menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (04/10/20) dan Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 10 Oktober 2020. 

Selain itu, Persib juga sudah mempersiapkan rencana keberangkatan ke Yogyakarta pada Kamis (01/10/20), untuk menghadapi dua laga tandang kontra PSM dan Barito Putera.