Liga Indonesia

Lakukan Pemusatan Latihan Berkala, Timnas Indonesia U-16 Semakin Matang

Jumat, 2 Oktober 2020 08:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Naufal/Media PSSI
Timnas U-16 ditahan imbang oleh Bina Taruna U-18 pada laga uji coba di Stadion Patriot, Selasa (28/07/20). Copyright: © Naufal/Media PSSI
Timnas U-16 ditahan imbang oleh Bina Taruna U-18 pada laga uji coba di Stadion Patriot, Selasa (28/07/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti terus mematangkan persiapan timnya. Bahkan Bima menilai timnya banyak mengalami peningkatan berkat pemusatan latihan secara berskala yang konsisten.

Timnas Indonesia U-16 memang tim yang selalu menggelar pemusatan latihan secara berkala. Hampir setiap bulan tim Garuda Asia berkumpul untuk pemusatan latihan.

Kini mereka pun menggelar pemusatan latihan sejak 20 September lalu di Stadion Wibawa Mukti Cikarang. Dari setiap periode pemusatan latihan, Bima menilai kini tim besutannya banyak mengalami peningkatan.

"Progres yang pasti banyak yah terutama chemistry antara sesama pemain, kemudian fisik juga semakin meningkat," ucap Bima.

"Selain itu yang pasti pemahaman taktik mereka sudah bisa jabarkan di setiap latihan maupun pertandingan," jelas mantan pemain Persiba Balikpapan ini.

Di luar peningkatan itu semua ada alasan lain tetap menggelar pemusatan latihan meski perhelatan Piala Asia U-16 2020 ditunda. Baginya ia bisa menyeleksi pemain baru dan memperdalam persiapan Timnas Indonesia U-16.

"Saat ini ada tujuh pemain (baru) ya, ada kiper, center bek, bek kanan, gelandang, striker kita memberi kesempatan kepada mereka. Apalagi ada mundur jadwal piala asia di awal tahun, bulannya juga belum tahu, tapi jadi keuntungan karena bisa ersiaokan tim lebih baik lagi," tukas Bima Sakti.

Seperti diketahui Timnas Indonesia U-16 melakukan persiapan untuk Piala Asia U-16 di Bahrain. Timnas Indonesia U-16 sendiri tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.