Liga Indonesia

Deretan Oppa Korea yang Pernah Berseragam Persija Jakarta

Senin, 5 Oktober 2020 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© indonesiansc
Hong Soon-Hak (kanan) saat masih berseragam Persija Jakarta. Copyright: © indonesiansc
Hong Soon-Hak (kanan) saat masih berseragam Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Daya tarik Persija Jakarta sebagai klub besar dan sarat sejarah di sepak bola Indonesia jadi alasan pemain asing memilih bergabung. 

Hal itu pula yang terjadi dengan tiga pemain asal Korea Selatan yang tercacat membela Macan Kemayoran dalam beberapa tahun terakhir, yakni Jeong Kwan Sik, Park Kyeong Min, dan Hong Soon-hak.

Persija merekrut tiga pemain Korea Selatan tersebut untuk mengisi slot pemain Asia atau asing. Mereka didatangkab karena memiliki kecepatan dan disiplin tinggi. 

Berdasarkan catatan Persija Jakarta, Jeong Kwan Sik memperkuat tim pada musim 2011/2012. Ia memainkan 17 pertandingan dengan catatan dua gol.

Sebelum bermain bersama Persija, Jeong Kwang Sik pernah membela bersama tim-tim hebat seperti Brisbane City, Suzuka Rampole, Fujieda MYFC, Gainare Tottori, Seosan Citizen, hingga Changwon FC.

Selanjutnya, Park Kyeong Min yang direkrut pada musim 2013. Ia mencatatkan 12 penampilan dengan lesakan dua gol, sebelum akhirnya pindah ke Pelita Bandung Raya.

Sementara itu, Hong Soon-hak adalah pemain Korea Selatan terakhir yang mengenakan jersey Persija. Ia datang pada musim 2016 saat Indonesia Soccer Championship (ISC) dan memainkan 30 pertandingan serta mencetak tiga gol.

Sama seperti dua rekan senegaranya, Hong Soon-hak juga hanya semusim bermain untuk Persija. Pada 2017, mantan Goyang Hi FC itu pindah ke PS TNI (saat ini Tira Persikabo) dan saat ini dilaporkan sudah pensiun dan mulai berkarir sebagai pelatih.