Liga Indonesia

Pelatih Kiper Persib Optimistis Liga 1 2020 Dilanjutkan

Rabu, 7 Oktober 2020 12:06 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih penjaga gawang klub Liga 1 Persib Bandung, Luiz Fernando Silva Passos saat melatih tiga penjaga gawang Persib di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (10/01/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih penjaga gawang klub Liga 1 Persib Bandung, Luiz Fernando Silva Passos saat melatih tiga penjaga gawang Persib di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (10/01/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih penjaga gawang Persib Bandung, Luizinho Passos, merasa yakin Liga 1 2020 bakal dilanjutkan kembali, setelah PSSI mengambil keputusan menunda kick off kompetisi satu bulan dari Oktober ke November 2020. 

Sebagai informasi, PSSI secara resmi memutuskan untuk menunda kick off lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, setelah melakukan koordinasi dengan Kemenpora dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (29/09/20). 

PSSI mengambil keputusan tersebut, dua hari menjelang kick off Liga 1 yang sebelumnya akan digelar 1 Oktober 2020. Langkah itu diambil, setelah pihak Kepolisan tidak memberikan izin keramaian, dengan pertimbangan situasi pandemi covid-19 yang terus meningkat. 

Menurut Passos, sebelum ada keputusan ditunda, kondisi skuat Maung Bandung sudah dalam keadaan siap tempur untuk melakoni laga awal lanjutan Liga 1 2020 menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (04/10/20). 

"Saya tidak berpikiran itu adalah hal yang positif untuk membatalkan, karena kami sudah mempersiapkan tim untuk bermain di kompetisi," tegas Passos, Senin (05/10/20). 

Mantan pelatih kiper Borneo FC ini menambahkan, penundaan kick off Liga 1 2020 pasti mempengaruhi mental pemain. Karena, sebelumnya mereka sudah berlatih dengan keras dan kondisinya sudah siap untuk mengarungi kompetisi. 

Selain itu, penundaan kick off Liga 1 2020 membuat pelatih harus mempersiapkan program latihan yang ideal, untuk mengarungi lanjutan kompetisi yang rencanannya akan digulirkan pada November 2020 mendatang. 

"Saat ini kami harus membuat rencana baru dan ini membut mental para atlet menjadi stres," ucap Passos. 

Selain mempersiapkan program latihan, Passos juga memastikan skuat Maung Bandung menerapkan protokol kesehatan yang ketat di dalam maupun luar lapangan, serta optimistis kompetisi sepak bola di Indonesia bisa digelar kembali. 

"Hari ini kami harus bisa beradaptasi dengan masalah covid-19, seluruh liga di dunia sudah dilanjutkan dengan protokol yang sudah dibuat," ujar pelatih asal Brasil ini.

Setelah ada keputusan kick off Liga 1 2020 ditunda, aktivitas tim Persib diliburkan selama sepekan. Selain itu, Passos saat ini masih menjalankan program pemulihan, setelah operasi hernia beberapa hari lalu dan posisinya untuk ‎sementara diisi oleh Gatot Prasetyo.