Liga Indonesia

Sempat Mengkhawatirkan, Kini PSM Paling Siap Bertarung di Liga 1 2020

Rabu, 7 Oktober 2020 22:48 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© Official PSM Makassar
Skuat PSM Makassar berlatih di Lapangan Yogyakarta International School (YIS). Copyright: © Official PSM Makassar
Skuat PSM Makassar berlatih di Lapangan Yogyakarta International School (YIS).

INDOSPORT.COM - Sempat menjadi klub yang paling mengkhawatirkan dari segi persiapan, kini PSM Makassar menjadi salah satu kontestan yang paling siap bertarung diajang Liga 1 2020.

Bagaimana tidak, klub berjuluk Pasukan Ramang ini paling akhir memulai persiapan tepatnya pada 21 September lalu dibandingkan pesaing lain yang telah berlatih sejak bulan Agustus.

Klub berlogo perahu pinisi ini juga meminjamkan sejumlah pemain ke klub Liga 2 seperti Ferdinand Sinaga ke PSMS Medan, Dedi Gusmawan ke Sulut United, dan Irsyad Maulana serta Leo Guntara ke Semen Padang.

Tak sampai disitu, bek asing yang baru direkrut, Hussein El Dor, dilepas ke klub Lebanon, Al Ansar, belum lama ini. Sedangkan nasib Serif Hasic dan Giancarlo Rodrigues belum jelas hingga kini.

Beruntung, manajemen klub kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini berhasil mengamankan sang kapten sekaligus playmaker asing terbaiknya, Wiljan Pluim dan penyerang naturalisasi Ezra Walian.

Kini, PSM Makassar berkekuatan 28 pemain setelah mengorbitkan sejumlah talenta akademi dan kian fokus mematangkan diri untuk bertarung diajang Liga 1 2020 andai jadi dilanjutkan pada November mendatang.

"Ya, pasti ada perubahan taktik dan strategi walaupun kami hanya persiapan selama satu pekan di Makassar sebelum pergi ke Yogyakarta," ungkap pelatih Herrie Setyawan, Rabu (07/10/20).

"Taktik dan strategi memang menjadi salah satu aspek yang terus kami matangkan sehingga tiba lebih awal di Yogyakarta sembari tetap menjaga kondisi dan psikis pemain," tambahnya.

PSM Makassar sejatinya masih melanjutkan re-negosiasi kontrak dengan Giancarlo Rodrigues dan Serif Hasic. Kedua legiun asing ini diharapkan bisa bertahan untuk menjadi pilar mengarungi Liga 1 2020.