Liga Inggris

Emiliano Martinez Blak-blakan Usai ‘Dibuang’ Arsenal

Kamis, 8 Oktober 2020 10:06 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Getty images
Emiliano Martinez akhirnya membuka suara setelah ia dibuang oleh Arsenal usai penampilan gemilangnya di mistar gawang bersama The Gunners. Copyright: © Getty images
Emiliano Martinez akhirnya membuka suara setelah ia dibuang oleh Arsenal usai penampilan gemilangnya di mistar gawang bersama The Gunners.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Aston Villa, Emiliano Martinez akhirnya membuka suara setelah ia dibuang oleh Arsenal usai penampilan gemilangnya di mistar gawang bersama The Gunners.

Emiliano Martinez sudah membuktikan diri bahwa ia pantas menjadi penjaga gawang nomor satu di Arsenal. Dirinya tampil sangat luar biasa baik ketika Bernd Leno mengalami cedera panjang musim lalu.

Bahkan seharusnya Martinez layak menjadi kiper nomor satu, bukan sekadar pelapis. Namun, ternyata Arsenal kembali mempercayai Leno setelah dia pulih sepenuhnya. Inilah yang membuat dirinya kecewa dan meminta pergi ke Aston VIlla.

Martinez bergabung dengan The Gunners pada tahun 2010 lalu, tapi dia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Di saat yang sama Arsenal terus mendatangkan kiper baru seperti Petr Cech dan Bernd Leno, dirinya pun kian terpinggirkan.

Akhirnya dia punya kesempatan jadi kiper nomor satu musim lalu, meski itu terbantu cedera Leno. Sayangnya, Martinez kembali dikecewakan pihak klub.

"Saya akhirnya menjadi kiper no. 1 dan siap melakukannya. butuh 10 tahun untuk sampai di sana. Anda berlatih sebagai kiper setiap hari, tapi tidak ada yang mempersiapkan Anda untuk jalan hidup," kata Martinez kepada Independent.

"Tidak ada yang melatih Anda untuk mengatasi frustasi, untuk menangis. Apa yang harus dilakukan saat Anda tidak bermain selama empat bulan? Akankah Anda terus melaju atau mental Anda mati?" sambung Martinez.

Martinez membantu Arsenal menjuarai Community Shield dengan mengalahkan Liverpool pada Agustus lalu. Saat itu dia menduga akan dipercaya menggantikan Bernd Leno. Namun, begitu namanya tidak masuk dalam daftar starter pada laga pembuka Liga Inggris, ia memilih untuk pergi.

"Saya kira jika saya bermain pada pertandingan itu [Community Shield] saya akan jadi no.1 , tapi setelahnya masih belum jelas siapa yang akan jadi starter di liga," lanjut Martinez.

"Saya diberi tahu bahwa ada 95% kesempatan saya jadi starter kontra Fulham, tapi kemudian saya berpikir: 'mengapa tidak 100%?'. Ada yang terasa aneh. Semua orang ingin saya bertahan, tapi saat itulah saya memilih pergi,” ungkapnya.

Setelah hal tersebut terjadi, Martinez pun akhirnya memilih untuk menahan rasa kecewanya kepada Arsenal yang tidak menjadikannya kiper nomor satu. Kendati demikian, dirinya tetap merasa bangga sempat menjadi penjaga gawang nomor 1 setelah bertahun-tahun berjuang.

Saat ini, Emiliano Martinez sendiri sudah bergabung dan bermain bersama Aston Villa. Penampilan perdananya tersebut sudah mendapatkan banyak pujian karena berhasil menjaga gawang dengan sangat gemilang di beberapa pertandingan terakhir.