Bola Internasional

Hasil Pertandingan Internasional Portugal vs Spanyol: Ronaldo Frustrasi

Kamis, 8 Oktober 2020 03:42 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Bertempat di Estadio Jose Alvalade, Portugal yang berstatus tuan rumah hanya bisa puas bermain imbang tanpa gol saat menjamu Spanyol. Copyright: © Getty Images
Bertempat di Estadio Jose Alvalade, Portugal yang berstatus tuan rumah hanya bisa puas bermain imbang tanpa gol saat menjamu Spanyol.

INDOSPORT.COM - Bertempat di Estadio Jose Alvalade, Portugal yang berstatus tuan rumah hanya bisa puas bermain imbang tanpa gol saat menjamu Spanyol.

Meski berstatus sebagai tamu, Spanyol justru menjadi pihak pertama yang mengambil inisiatif serangan saat wasit membunyikan peluit tanda dimulainya pertandingan.

Baru berjalan dua menit, Spanyol nyaris saja membuka keunggulan atas tuan rumah. Berawal dari operan Gerard Moreno, Ruben Semedo yang berada di kotak penalti langsung melepaskan tembakan keras. Sayang RUi Patricio berhasil menghalaunya.

Hingga 15 menit awal babak pertama, Spanyol berhasil menekan Portugal. Tim tuan rumah bahkan mau tidak mau dipaksa lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri akibat penguasaan bola yang kuat dari Dani Olmo dan kolega.

Serangan balasan Portugal sendiri baru datang di menit ke-26. Cristiano Ronaldo mencoba membuka peluang dari sisi kiri yang dilanjutkan operan ke arah Renato Sanches. Beruntung bagi Spanyol, tendangan Sanches masih di atas mistar gawang.

Selain karena Rui Patricio, gawang Portugal masih selamat dari gempuran Spanyol karena kerja keras Pepe. Mantan pemain Real Madrid itu mampu menghalangi peluang-peluang yang diciptakan Sergio Canales dan Rodrigo Moreno.

Sampai 45 menit babak pertama berakhir, Spanyol masih terus melancarkan serangan ke gawang Portugal. Namun, belum ada yang membuahkan hasil dan skor 0-0 mengiringi langkah pemain kedua tim ke ruang ganti.

Babak Kedua

Berbeda dari babak pertama, sekembalinya dari istirahat turun minum, Portugal mengambil inisiatif untuk mencoba membobol gawang Spanyol yang dikawal Kepa Arrizabalaga.

Di menit ke-53, Ronaldo dengan aksi individualnya berhasil melewati hadangan Kepa dan melepaskan tembakan keras. Sayang tendangan kaki kiri Ronaldo memantul mengenai tiang gawang dan langsung dibuang jauh oleh bek Spanyol.

Ronaldo lagi-lagi membuktikan bahwa dirinya patut diwaspadai oleh lini pertahanan Spanyol.Memanfaatkan situasi serangan balik, bintang Juventus itu lagi-lagi mampu melepaskan tendangan keras, yang sialnya kembali mengenai tiang gawang.

Tidak ingin Ronaldo kelelahan di pertandingan selanjutnya, Fernando Santos pun menarik mundu mantan pemain Manchester United itu dan digantikan dengan Joao Felix saat laga tersisa 15 menit waktu normal.

Selanjutnya kedua tim kembali melakukan jual beli serangan. Namun, sampai peluit panjang berbunyi tidak ada peluang yang sukses dikonversi menjadi gol oleh kedua tim. Skor imbang 0-0 menutup laga Portugal vs Spanyol.

Susunan Pemain Portugal vs Spanyol:

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Semedo, Raphael Guerreiro; Ruben Neves, Joao Moutinho, Renato Sanches; Cristiano Ronaldo, Andre Silva, Trincao.

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Sergi Roberto, Diego Llorente, Eric Garcia, Sergio Reguilon; Dani Ceballos, Sergio Busquets, Sergio Canales; Rodrigo Moreno, Gerard Moreno, Dani Olmo.