Bola Internasional

3 Transfer Paling Menguntungkan Sepanjang Sejarah Olympique Lyon

Sabtu, 10 Oktober 2020 20:24 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut deretan pemain yang mampu memberi keuntungan besar ke Olympique Lyon di bursa transfer. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut deretan pemain yang mampu memberi keuntungan besar ke Olympique Lyon di bursa transfer.

INDOSPORT.COM – Olympique Lyon menjadi salah satu tim yang kerap menghasilkan pemain-pemain hebat. Hal ini lantas memberikan keuntungan berlipat-lipat kepada Les Gones saat menjual bintangnya di bursa transfer.

Lyon dalam satu dekade terakhir ini mulai kehilangan tajinya di Ligue 1 Prancis. Bangkitnya Paris Saint-Germain dengan dana tak terbatas membuat kedigdayaan Les Gones di awal era 2000 an memudar.

Sejak tahun 2000, Lyon menjadi tim paling sukses di Prancis. Tujuh gelar Ligue 1 didapatkannya secara berturut-turut dari musim 2001/02 hingga 2007/08.

Kehebatan ini didapatkan dari program scouting dan pembinaan Olympique Lyon yang mampu memunculkan pemain-pemain hebat saat didatangkan dengan harga murah atau saat dibina dari akademi.

Tak terhitung berapa banyak pemain yang telah mencuat namanya bersama Lyon dan lantas dipinang oleh tim besar Eropa lainnya dengan harga wah.

Salah satu contoh yang paling konkrit adalah Karim Benzema. Bisa dikatakan dirinya lah salah satu pemain tersukses yang dibina Lyon.

Usai tampil apik sejak promosi ke tim utama di musim 2005/06, Benzema lantas menarik minat Real Madrid yang memboyongnya pada musim 2009/10 dengan mahar yang besar kala itu, yakni 35 juta euro.

Meski meraup keuntungan 35 juta euro, nyatanya Benzema bukanlah pemain yang memberikan keuntungan besar untuk Lyon. Masih ada tiga nama lain yang mampu memberi pemasukan besar untuk Les Gones hingga saat ini.

Berikut INDOSPORT rangkum tiga pemain yang paling memberikan keuntungan kepada Olympique Lyon sejak berdiri 121 tahun silam.

1. Alexandre Lacazette (53 Juta Euro)

Pada posisi pertama ada nama Alexandre Lacazette. Pemain yang kini berusia 29 tahun ini mampu memberikan keuntungan ke Lyon sebesar 53 juta euro.

Nominal tersebut nyatanya adalah keuntungan bersih yang diterima Lyon. Sebab, Lacazette sendiri merupakan pemain binaan Les Gones sejak di akademi.

Pada 2009, ia promosi ke tim utama Lyon dan menunjukkan kelasnya. Total 129 gol mampu dicetaknya dari 275 pertandingan bersama Les Gones. Hal ini membuat Arsenal datang memboyongnya paa 2017.

2. Tanguy Ndombele (52 Juta Euro)

Di tempat kedua ada nama Tanguy Ndombele. Ia mampu memberikan Lyon keuntungan sebesar 52 juta euro berkat transfer ke Tottenham Hotspur pada musim 2019/20.

Angka tersebut terbilang tipis jika dibandingkan keuntungan yang didapat Lyon dari Lacazette. Namun dari transfer Ndombele lah, kecerdikan Les Gones dalam mencari pemain berbakat diakui banyak pihak.

Ndombele didatangkan dari Amiens SC pada 2018 dengan mahar 8 juta euro saja usai tampil impresif saatdipinjamkan ke Lyon. Hanya butuh waktu dua tahun saja, Lyon mampu mengeluarkan potensi terbaiknya dan menyulapnya menjadi pemain berharga 60 juta euro.

3. Ferland Mendy (43 Juta Euro)

Posisi ketiga ada nama Ferland Mendy. Tansfernya ke Real Madrid pada 2019 lalu membuat Lyon meraup keuntungan hingga 43 juta euro.

Mendy pertama kali didatangkan Lyon pada 2017 silam dari Le Havre. Untuk memboyongnya, Les Gones mengeluarkan mahar hanya 5 juta euro saja.

Setelah penampilannya meningkat selama dua musim di Lyon, Real Madrid datang mengetuk pintu untuk mendatangkan Mendy sebagai penerus Marcelo dengan tawaran 48 juta euro.