Liga Indonesia

Liga 1 Belum Ada Kepastian, Gelandang Persib Akui Motivasinya Terjaga

Sabtu, 10 Oktober 2020 14:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (3/7/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (3/7/20).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, mengaku motivasinya tetap terjaga meskipun hingga kini belum ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020. 

Menurut Kim, menjalankan program latihan bersama rekan setim di atas lapangan menjadi salah satu cara menjaga motivasi mereka. Para pemain tetap bisa menikmati kebersamaan sambil menunggu informasi mengenai kick-off lanjutan Liga 1 2020. 

Sebelumnya, Persib sudah dalam kondisi siap berangkat ke Yogyakarta untuk melakoni pertandingan awal lanjutan Liga 1 2020 menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (4/10/20). 

Namun, PSSI secara resmi memutuskan untuk menunda kick-off setelah berkoordinasi dengan Kemenpora dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Selasa (29/9/20). 

PSSI mengambil keputusan tersebut dua hari menjelang kick-off Liga 1 yang sebelumnya dijadwalkan 1 Oktober. Alasannya, pihak Kepolisan tak menurunkan izin keramaian dengan pertimbangan situasi pandemi virus corona yang terus meningkat. 

"Kalau untuk kepastian liga nggak ada di tangan pemain kan. Yang pemain hanya melakukan tugas. yaitu main bola di lapangan," kata Kim Jeffrey Kurniawan usai berlatih di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (9/10/20).

"Buat saya untuk menjaga mood-nya nggak terlalu susah karena itu memang yang kita lakukan dan kita cintai. Jadi, sebenarnya tidak ada masalah," cetusnya.

Pengguna nomor punggung 23 ini menambahkan, berbeda dengan pelatih yang merasakan langsung dampak dari penundaan kick-off lanjutan Liga 1 2020. Pasalnya, Robert Rene Alberts harus membuat program baru untuk Persib agar saat kompetisi bergulir kembali bisa tampil maksimal. 

Hanya saja, pelatih pasti merasa bingung untuk membuat program lantaran belum ada kepastian mengenai tanggal kick-off lanjutan Liga 1 2020 dari PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

"Hanya sepertinya pusing di pelatih karena harus mengubah program, jadi pusingnya di pelatih daripada pemain. Kalau pemain senang, kalau ada di lapangan jadi nggak masalah," tandas Kim Jeffrey Kurniawan. 

Persib Bandung sudah berlatih kembali di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (9/10/20). Setelah meliburkan aktivitasnya sekitar sepekan usai ada keputusan kick-off Liga 1 2020 ditunda.