Bola Internasional

Rendahkan Real Madrid dan Barcelona, Wenger: Bayern Munchen Terbaik di Eropa

Minggu, 11 Oktober 2020 00:08 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© M. Donato/FC Bayern via Getty Images
Bayern Munchen terbaik seantero Eropa, Arsene Wenger selaku eks pelatih Arsenal rendahkan Barcelona dan Real Madrid. Copyright: © M. Donato/FC Bayern via Getty Images
Bayern Munchen terbaik seantero Eropa, Arsene Wenger selaku eks pelatih Arsenal rendahkan Barcelona dan Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, tanpa ragu mengakui jika raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen layak jadi tim terkuat seantero Eropa. Meski demikian, ia juga sempat merendahkan Real Madrid dan Barcelona.

Bicara soal klub tangguh nama Real Madrid sempat menarik perhatian dengan rentetan prestasi gemilangnya, terbukti dengan tiga gelar Liga Champions beruntun ditangan Zinedine Zidane. Lewat skuat mahal Los Galacticos mereka tak bisa diremehkan.

Tidak berbeda dengan Barcelona, klub kasta atas Spanyol ini juga punya deretan prestasi yang layak buat mereka menguasai sepak bola Benua Biru. Maklum, hadirnya Lionel Messi yang didapuk sebagai pemain terbaik sejagad punya andil besar disana.

Akan tetapi kenyataannya predikat menakutkan tersebut hanya berlaku pada masa lalu dan hal ini pula yang sudah dimengerti oleh Wenger. Ketua pengembangan sepak bola FIFA ini pun menyindir lemahnya dua klub Spanyol itu yang kalah dari Bayern Munchen.

"Saya tak bermaksud menganggap remeh kondisi banyak tim saat ini.  Bayern Munchen adalah yang terbaik di Eropa untuk sekarang, tapi itu hanya karena tak ada yang setara. Barcelona dan Real Madrid sama-sama lemah," ucap Wenger dilansir Goal International.

"Dulu hadirnya Philipp Lahm, Franck Ribery, Arjen Robben, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos buat mereka memiliki kualitas tinggi di tiap posisi berbeda. Tim saat ini masih bisa berkembang layaknya kejayaan 2013 lalu, tapi mereka belum sempurna," imbuhnya.

Pernyataan ini pun cukup masuk akal usai Die Roten pecundangi Barcelona dengan skor 8-2 dan lantas sukses ganyang Lyon dan PSG di perebutan Liga Champions musim lalu. Bagaimana dengan Real Madrid? Skuat Zidane hanya tertahan di 16 besar usai dihabisi Manchester City.

Usai meraih juara kompetisi terakbar Eropa, torehan skuat Hans-Dieter Flick kian sempurna lewat pencapaian quadruple winners lewat Piala Super Eropa, Bundesliga Jerman, dan DFB Supercup. Pencapaian gemilang ini pun menambah rekor terbaik mereka sepanjang sejarah.

Satu musim penuh prestasi itu pun layak membuat Bayern Munchen benar-benar diperhitungkan dalam gelaran Eropa musim ini. Tak heran cukup wajar jika Arsene Wenger menyebut Real Madrid dan Barcelona sama-sama kalah dalam hal kualitas.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%