Bola Internasional

5 Fakta Mengejutkan Usai Timnas Indonesia U-19 Bantai Makedonia Utara

Senin, 12 Oktober 2020 08:39 WIB
Editor: Coro Mountana
© Bandung Saputra/PSSI
Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs NK Dugopolje U-19, Kamis (08/10/20). Timnas U-19 menang 3-0. Copyright: © Bandung Saputra/PSSI
Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs NK Dugopolje U-19, Kamis (08/10/20). Timnas U-19 menang 3-0.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah 5 fakta mengejutkan usai Timnas Indonesia U-19 melakukan pembantaian atas Makedonia Utara. 

Bertanding di Stadion NK Junak Sinj, Timnas Indonesia U-19 melakoni patai uji cobanya di Kroasia yang kesembilan kalinya. Setelah sebelumnya bertanding dengan klub Eropa seperti Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje. 

Kali ini, Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan negara Eropa, Makedonia Utara. Melawan Makedonia Utara, ternyata Timnas Indonesia U-19 tampil fantastis dengan menang 4-1. 

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia U-19 sendiri diciptakan oleh Witan Sulaeman, brace Jack Brown dan Irfan Jauhari. Kemenangan telak atas negara Eropa itu ternyata menyisakan 5 fakta mengejutkan Timnas Indonesia U-19 yang menarik untuk disimak. 

Pertama Kali Cetak Lebih dari 3 Gol 

Mulai dari fakta jika akhirnya Timnas Indonesia U-19 berhasil mencetak lebih dari 3 gol untuk pertama kalinya. Sebelumnya dalam 8 pertandingan uji coba di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 tak pernah cetak gol lebih dari 3. 

Tapi kali ini, permainan bagus ditunjukan oleh Timnas Indonesia U-19 atas Makedonia Utara. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu mampu menunjukkan dominasi dan efektifitas serangannya. 

Ini menjadi sebuah progres bagaimana jika kita mengingat laga perdana Timnas Indonesia U-19 berakhir dengan kekalahan 0-3. Dari sisi penyerangan, Timnas Indonesia U-19 yang tak bisa cetak gol lawan Bulgaria, akhirnya jadi cetak 4 gol ke Makedonia Utara. 

Kemenangan Perdana Atas Negara Eropa 

Memang benar Timnas Indonesia U-19 telah berhasil meraih kemenangan atas Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje, tapi itu hanyalah klub Eropa. Sedangkan saat bertemu negara Eropa, Timnas Indonesia U-19 selalu kalah. 

Mulai dari 0-3 lawan Bulgaria, 1-7 dengan Kroasia dan 0-1 sama Bosnia-Herzegovina. Kali ini melawan negara Eropa, Makedonia Utara, Timnas Indonesia U-19 akhirnya berhasil mengalahkan negara Eropa Makedonia utara dengan skor 4-1. 

Memang benar kualitas Makedonia Utara di bawah lawan negara Eropa lainnya dari Timnas Indonesia U-19. Tapi setidaknya, Timnas Indonesia U-19 sudah bisa melawan negara Eropa yang menang fisik.