In-depth

On This Day: Evan Dimas Buat Timnas Indonesia U-19 Redupkan Nama Besar Korea Selatan

Senin, 12 Oktober 2020 10:23 WIB
Editor: Isman Fadil
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Selebrasi Evan Dimas setelah Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Korea Selatan pada laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Sabtu (12/10/2013). Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Selebrasi Evan Dimas setelah Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Korea Selatan pada laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Sabtu (12/10/2013).

INDOSPORT.COM - Tujuh tahun silam atau tepatnya Sabtu (12/10/13), Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan tipis 3-2 atas Korea Selatan dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Evan Dimas menjadi pahlawan Garuda Nusantara lewat hattrick yang dibuatnya dalam laga krusial tersebut.

Padahal skuat Negeri Gingseng muda sudah diunggulkan akan menyapu bersih semua pertandingan kualifikasi. Korea Selatan yang saat itu diperkuat penyerang RB Leipzig, Hwang Hee-chan, sukses mengalahkan Filipina 4-0 pada laga perdana dan Laos di pertandingan kedua dengan skor 5-1.

Namun pada laga ketiga melawan Timnas Indonesia U-19, keganasan Korea Selatan mulai bisa dijinakan. Stadion GBK yang diguyuri hujan deras membuat duel Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan berlangsung dramatis.

Memasang formasi 4-3-3, Timnas Indonesia U-19 menurunkan tiga gelandang yang ditempati Evan Dimas, M Hargianto dan Zulfiandi. Sementara Muchlis Hadi Ning bertugas sebagai ujung tombak, diapit Maldini Palli sebagai winger kanan dan Ilham Udin Armaiyn dari sisi kiri.

Timnas Indonesia U-19 unggul terlebih dahulu melalui sepakan terukur Evan Dimas pada menit ke-30. Dua menit berselang Korea Selatan membalasnya dari titik putih Seol Tae-su.

Meski begitu, semangat juang anak asuh Indra Sjafri yang tidak mengenal lelah membuat Timnas Indonesia U-19 menambah dua gol lagi melalui Evan Dimas pada menit 49 dan 87. 

Korea Selatan tidak mau menyerah begitu saja. Mereka melancarkan serangan sporadis tiada henti ketika tertinggal 1-3. Tim asuhan Kim Sang-ho sempat mempertipis margin gol lewat gol Suh Myeongwon pada menit ke-89.

Tetapi ini menjadi gol terakhir dalam laga tersebut karena sampai wasit membunyikan peluit panjang, skor tetap 3-2 untuk Timnas Indonesia U-19.

Dengan kemenangan ini, Timnas U-19 menjuarai Grup G babak Kualifikasi Piala Asia U-19 dengan 9 poin .Sementara Korea Selatan menjadi runner-up dengan perolehan 6 poin.

Evan Dimas yang menjadi pahlawan berkat torehan hattrick-nya mengaku laga melawan Korea Selatan sebagai salah satu momen terbaiknya dalam kariernya di sepak bola. Gelandang yang kini memperkuta Persija Jakarta itu tidak menyangka mampu mencetak tiga gol ke gawang negara langganan Piala Dunia tersebut.

"Melawan Korea Selatan merupakan momen spesial bagi saya (bersama timnas Indonesia U-19)," kata Evan Dimas dikutip dari laman resmi Persija Jakarta.

"Sebelumnya tidak menyangka bisa membantu Indonesia menang dan mencetak tiga gol. Atmosfer pertandingan saat itu juga sangat mengesankan," sambungnya.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan

Timnas Indonesia U-19: 1-Ravi Murdianto; 2-Putu Gede, 5-Muhammad Fatchurohman, 13-Muhammad Sahrul, 16-Hansamu Yama Pranata; 6-Evan Dimas Darmono, 8-Muhammad Hargianto, 15-Maldini, 19-Zulfiandi; 20-Ilham Udin; 10-Muchlis Hadi Ning

Pelatih: Indra Sjafri

Korea Selatan: 18-Lee Taehui; 5-Pak Mingyu, 6-Lim Seunggyeom, 7-Kim Jeongmin, 33-Hwang Kiwook; 11-Hwang Hee Chan, 13-Seol Taesu, 22-Choi Jaehun; 34-Lee Gwanghyeok, 42-Kim Shin, 43-Sim Jehyeok 

Pelatih: Kim Sang Ho.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%