In-depth

Belajar Kegigihan dari Jack Brown, Muntah-muntah hingga Jadi Bintang Baru Timnas

Senin, 12 Oktober 2020 15:14 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PSSI
Sosok gelandang blasteran Indonesia-Inggris, Jack Brown, memberikan sebuah pelajaran berharga untuk para pencinta sepak bola Tanah Air. Copyright: © PSSI
Sosok gelandang blasteran Indonesia-Inggris, Jack Brown, memberikan sebuah pelajaran berharga untuk para pencinta sepak bola Tanah Air.

INDOSPORT.COM - Sosok gelandang blasteran Indonesia-Inggris, Jack Brown, memberikan sebuah pelajaran berharga untuk para pencinta sepak bola Tanah Air. Kegigihannya membawa remaja berusia 18 tahun ini menjadi idola baru Timnas Indonesia U-19.

Bersinarnya Jack Brown di Timnas Indonesia U-19 saat ini tak lepas dari penampilan luar biasa yang ia tunjukkan pada laga persahabatan melawan Makedonia Utara di Stadion NL Jinak Sinj, Minggu (11/10/20) malam kemarin.

Pada laga tersebut, Jack Brown masuk dari  bangku cadangan dengan menggantikan Braif Fatari pada menit ke-20. Diberikan kesempatan oleh Shin Tae-yong membuat Jack Brown tidak menyia-nyiakan kepercayaan kepada dirinya itu.

Meski gagal memanfaatkan sejumlah peluang pada babak pertama, ia kemudian bangkit usai turun minum. Saat Makedonia Utara menyamakan kedudukan menjadi 1-1, Jack Brown berhasil membuat Skuat Garuda Nusantara kembali unggul pada menit ke-58.

Jack Brown mampu mencetak gol setelah memanfaatkan bola rebound dari sundulannya sendiri yang membentur pemain belakang lawan. Gol itulah yang kemudian membuat para pemain Timnas Indonesia U-19 kembali percaya diri dan semakin tampil menekan.

Pada menit ke-69, lagi-lagi publik dikejutkan dengan aksi ciamik Jack Brown yang mampu mengonversi umpan dari Bagas Kaffa menjadi gol. Gol dari pemain klub Inggris, Lincoln City FC itu membuat rekan duetnya sebagai striker yakni Irfan Jauhari termotivasi. 

Akhirnya Irfan Jauhari tidak mau kalah dari Jack Brown, dan menambah keunggulan menjadi 4-1 untuk kemenangan Skuat Garuda Nusantara.

Aksi gemilangnya usai diberikan kepercayaan oleh Shin Tae-yong seakan menjadi jawaban atas keraguan dan kritikan yang diberikan olehnya.

Pasalnya seperti kita ketahui, Jack Brown sebelumnya sempat diragukan oleh para netizen 'budiman' Indonesia tatkala melawan Bosnia-Herzegowina, sebelum akhirnya dibayar tuntas olehnya lewat dua gol melawan Makedonia Utara.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah, keberhasilan Jack Brown tampil prima di laga melawan Makedonia Utara tak lepas dari kegigihannya selama ini. 

Tekadnya yang kuat serta kerja kerasnya yang maksimal untuk memberikan yang terbaik kepada lambang Garuda di dada membuatnya berhasil mengeluarkan salah satu penampilan terbaiknya bersama Timnas Indonesia U-19.