Liga Indonesia

Tetap Latihan Meski Liga 1 Tak Jelas, Persebaya: Hak Pemain Sudah Dipenuhi

Senin, 12 Oktober 2020 14:46 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Herry Ibrahim
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Aji Santoso saat memimpin latihan timnya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Aji Santoso saat memimpin latihan timnya.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya tetap menggelar latihan ditengah tidak jelasnya lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020. Pelatih Aji Santoso mengakui hal tersebut, bahkan dia tak menampik ada sejumlah klub yang memutuskan libur begitu pengumuman kompetisi mundur November mendatang.

Pelatih asal Kabupaten Malang itu tetap memberikan latihan kepada anak didiknya karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah mengenai hak-hak para pemain yang telah dipenuhi oleh pihak manajemen Bajul Ijo.

“Dengan beberapa pertimbangan kita akan tetap latihan seperti biasa. Karena hak-hak pemain juga dipenuhi dengan baik oleh manajemen, jadi wajib latihan,” kata Aji Santoso pada Senin (12/10/20).

Ya, meskipun Aji Santoso tetap menerapkan latihan tatap muka dengan pemain-pemainnya, ia menyebut dalam pelaksanaannya sudah ada sejumlah penyesuaian pasca pengumuman Liga 1 mundur November mendatang.

“Memang saya ambil keputusan untuk tetap latihan. Tentu ada beberapa penyesuaian dalam menu latihan tentunya,” lanjut pelatih yang punya hobi memelihara burung berkicau ini.

Adapun bentuk penyesuaian latihan yang diterapkan Aji Santoso ialah, saat ini dia banyak memberikan waktu libur. Dalam satu minggu, dirinya memberikan libur untuk pemainnya sebanyak 2 kali.

Contohnya kemarin, Aji Santoso memberikan libur kepada Makan Konate dan kolega pada Sabtu (10/10/20) dan Minggu (11/10/20). Hal ini dilakukannya sebagai upaya menjaga mood pemain yang turun lantaran Liga 1 2020 mundur.

Baginya menjaga mood pemain sangat penting, sebab jika terjaga dengan baik maka pemain itu bisa mengikuti latihan dengan enjoy. Benar saja, dari penuturannya setelah melakukan sejumlah perubahan jadwal latihan pemain-pemain Bajul Ijo mulai kembali bersemangat.