Liga Indonesia

Aji Santoso Bikin Sesi Latihan 'Nyeleneh' di Persebaya Surabaya

Selasa, 13 Oktober 2020 09:55 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Aji Santoso saat memimpin latihan timnya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Aji Santoso saat memimpin latihan timnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memimpin latihan anak didiknya agak beda dari pada biasanya. Pelatih 50 tahun itu selama latihan berlangsung, sengaja menukar posisi pemainnya.

Pemain yang biasanya berposisi sebagai striker dia instruksikan full bertahan dan begitu pun sebaliknya. Pemain yang biasanya berposisi sebagai pemain bertahan dia instruksikan untuk full menyerang.

"Saat latihan game ada variasi tadi, pemain penyerang seperti David, Patrich, Mahmoud saya tempatkan sebagai pemain bertahan. Hansamu, Arif dan lainnya saya jadikan penyerang," kata Aji Santoso pada Selasa (13/10/20).

Tujuan mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu menukar posisi pemain pada saat latihan game supaya rileks dan enjoy. Selain itu tujuan lainnya dengan pola latihan seperti ini juga sangat berguna bagi Bajul Ijo di kemudian hari.

"Selain tentunya memberikan pengalaman dan jika memang nanti pada saat pertandingan dibutuhkan perubahan strategi yang drastis," jelas kapten Persebaya era 90-an itu.

Selebihnya menurut Aji, latihan yang dipimpin tidak ada yang berubah. Dia tetap menerapkan latihan seperti biasanya, yakni latihan normal dengan game yang terus dilakukan oleh Makan Konate dan kolega.

Aji Santoso berharap dengan latihan yang terus digeber, ada titik terang yakni nasib Liga 1 seperti apa. Sebab kepastian lanjutan Liga 1 berpengaruh juga terhadap model latihan Persebaya.