Liga Indonesia

Cerita Marc Klok Hafalkan Indonesia Raya dan Pancasila di Mobil

Rabu, 14 Oktober 2020 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© persija.id
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok sebentar lagi akan menjadi warga negara Indonesia (WNI). Copyright: © persija.id
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok sebentar lagi akan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok sebentar lagi akan menjadi warga negara Indonesia (WNI). Ia pun telah lancar menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya dan hafal Pancasila.

Pengajuan naturalisasi Marc Klok sudah disetujui dan mendapat rekomendasi dari pemerintah, meski masih ada beberapa tahapan yang harus dilewati supaya sah menjadi WNI.

Sebelum memutuskan dan mengajukan diri menjadi WNI, Klok mengatakan sudah lama belajar lagu Indonesia Raya dan ideologi negara, Pancasila. Agar benar-benar memahami hal tersebut, pemain kelahiran Belanda itu sampai menghafal di mobil.

"Saya sudah belajar Indonesia Raya dan Pancasila sudah lama sekali waktu tinggal di Makassar. Saya datang ke universitas untuk belajar ini agar lebih cepat dan setelahnya saya terus belajar di rumah, di mobil dan sekarang sudah lancar," tuturnya saat berbincang dengan Goaliciousid.

Marc Klok sudah mengajukan proses naturalisasi sejak masih berseragam PSM Makassar pada tahun 2019. Ia ingin membela Timnas Indonesia, yang merupakan tanah leluhurnya.

Saat ini Klok sudah mendapat rekomendasi untuk menjadi WNI dari Komisi III DPR, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Selanjutnya, ia menunggu persetujuan atau hasil sidang Komisi X DPR RI, sidang paripurna DPR dan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia dengan terbitnya Kepres serta terakhir menjalani sumpah agar sah menjadi WNI.

Marc Klok mengaku bersyukur dan gembira karena mimpinya untuk menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia sebentar lagi terwujud. Pemain 27 tahun itu memang sangat tertarik dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya.