Liga Spanyol

Meski Jadwal Padat, Ronald Koeman Tak Masalah Soal Kondisi Lionel Messi

Sabtu, 17 Oktober 2020 11:16 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© David Ramos/Getty Images
Meski Jadwal Padat, Ronald Koeman Tak Masalah Soal Kondisi Lionel Messi Copyright: © David Ramos/Getty Images
Meski Jadwal Padat, Ronald Koeman Tak Masalah Soal Kondisi Lionel Messi

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman tidak mempermasalahkan kondisi anak asuhnya, yakni Lionel Messi meski saat ini Blaugrana mengalami jadwal yang sangat padat.

Lionel Messi kini bersiap kembali bermain dengan Barcelona usai menjalankan tugas negara bersama tugas negara bersama timnas Argentina. El Barca sudah dinanti Getafe di Coliseum Alfonso Perez pada lanjutan LaLiga, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB.

Beberapa pihak berharap pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengistirahatkan Lionel Messi di laga kontra Getafe. Ini karena Blaugrana bakal menjalani jadwal padat dan berat.

Mereka harus memainkan empat pertandingan dalam rentang 11 hari. Usai menghadapi Getafe, Barcelona bakal memulai kiprah di Liga Champions menghadapi Ferencvaros, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB.

Tiga hari berselang, pasukan Ronald Koeman kemudian harus melakoni El Clasico, Sabtu (24/10/2020) malam WIB. Laga sulit kembali dijalani Barcelona dengan menghadapi Juventus di Liga Champions, (29/10/2020) dini hari WIB.

Tentu saja kondisi kebugaran Lionel Messi sangat dikhawatirkan dan tak akan cukup baik jika harus bermain di keempat laga tersebut. Namun, kekhawatiran serupa tampaknya tak ada dalam benak Ronald Koeman.

Ia menilai La Pulga punya kapasitas untuk terus tampil di tengah jadwal padat yang harus dilakoni Barcelona. Pelatih asal Belanda ini berkaca pada catatan penampilan Messi di musim-musim sebelumnya.

"Kami tahu ada kelelahan setelah bermain di tim nasional (pemain masing-masing), terutama untuk tim besar yang memiliki banyak pertandingan internasional," ujar Koeman dikutip dari Marca.

"Semua orang kembali dengan antusias dan gembira. Setelah sesi latihan (pada hari Jumat), kami akan memutuskan (siapa yang akan bermain melawan Getafe pada hari Sabtu). Saya pikir Messi bisa bermain di keempat pertandingan itu," tambahnya.

Pemain 33 tahun ini nyaris tak tergantikan di starting line up Barcelona. Pada musim lalu, Messi selalu bermain penuh selama 90 menit dari pekan ke-8 hingga pekan terakhir LaLiga Spanyol.

"Saya berdiskusi dengan para pemain dan kemudian kami memutuskannya. Namun, Leo telah memainkan jadwal yang sangat padat selama bertahun-tahun. Selain itu, jika dia tidak bermain dia akan lebih mudah lelah. Kecuali, ada gangguan medis, ini tentu hal yang berbeda," ungkap Koeman.

Sebagai informasi, sebelum memutuskan untuk bertahan di Barcelona hingga masa baktinya habis pada tahun 2021 mendatang. Lionel Messi sempat memiliki keinginan untuk hengkang dari Camp Nou lantaran tidak betah di sana.

Akan tetapi, pihak Barcelona yang memasang harga klausul sang mega bintang dengan harga 700 juta euro atau setara dengan 12 triliun rupiah. Hal ini lah yang menjadikan Lionel Messi bertahan di Camp Nou hingga kontraknya habis.