Liga Indonesia

Liga 1 Belum Jelas, Ini Cara Robert Alberts Jaga Motivasi Tim Persib

Senin, 19 Oktober 2020 12:43 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© persib.co.id/Rivan Mandala
Striker Persib Bandung Wander Luiz (kiri) dan kepala pelatih Robert Rene Alberts (kanan). Copyright: © persib.co.id/Rivan Mandala
Striker Persib Bandung Wander Luiz (kiri) dan kepala pelatih Robert Rene Alberts (kanan).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku memiliki cara untuk menjaga motivasi pemainnya di tengah tidak pastinya lanjutan kompetisi Liga 1 2020. 

Salah satu cara yang dilakukan pelatih asal Belanda ini, untuk menjaga motivasi skuat Maung Bandung yakni dengan tetap menggelar latihan dan membuat metode baru, agar pasukannya tidak merasa jenuh.

Menurut Robert Alberts, kompetisi Liga 1 2020 kemungkinan besar bakal bergulir kembali pada Januari 2021. Lantaran, ia menilai sangat tipis peluang kompetisi digelar pada November dan Desember 2020, jika melihat situasi yang terjadi saat ini.

Sebagai informasi, pada manager meeting yang digelar di Yogyakarta bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (13/10/20), seluruh klub sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November 2020. 

Hanya saja, hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian, lantaran pandemi covid-19 masih tinggi dan fokus pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Kami punya metode latihan yang baru dan kami punya jadwal latihan yang baru. Kami tetap melanjutkan untuk berlatih, tidak seperti tim lain yang memutuskan berhenti berlatih, karena kami tahu akan ada liga," kata Robert Alberts

Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, program latihan yang diberikan olehnya intensitasnya tidak terlalu tinggi maupun rendah. Pasalnya, ia ingin menjaga kebugaran serta motivasi pasukannya. 

"Kami akan fokus pada tipe yang berbeda dalam latihan dan perbedaan latihan mingguan, supaya tidak terlalu panjang latihan intensitas tinggi bagi pemain dan juga tidak terlalu rendah karena dasarnya adalah pemeliharaan saja," jelasnya.

Sementara itu, kompetisi Liga 1 2020 sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu karena pandemi corona atau covid-19. Kemudian, akan dilanjutkan kembali pada 1 Oktober 2020, hanya saja PSSI memutuskan untuk menunda satu bulan dan pada manager meeting, klub sepakat untuk melanjutkan pada 1 November 2020.