In-depth

Berbagai Alasan Bayern Munchen Bisa Libas Atletico di Liga Champions

Rabu, 21 Oktober 2020 17:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Bayern Munchen memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalahkan Atletico Madrid di ajang Liga Champions musim 2020/21. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Bayern Munchen memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalahkan Atletico Madrid di ajang Liga Champions musim 2020/21.

INDOSPORT.COM - Bayern Munchen memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalahkan Atletico Madrid di ajang Liga Champions musim 2020/21.

Setelah libur beberapa bulan, pentas tertinggi sepak bola antar klub negara-negara Eropa, Liga Champions akhirnya sudah bergulir sejak Selasa (20/10/20) lalu.

Berbeda dari musim-musim sebelumnya, babak penyisihan grup Liga Champions 2020/21 bakal digelar tanpa penonton. Alasannya sudah jelas demi mencegah penyebaran pandemi virus corona yang masih meningkat.

Meskipun tanpa penonton, kompetisi yang gelar juaranya masih didominasi oleh Real Madrid ini dijamin tetap menarik untuk disaksikan, meski hanya dari layar kaca.

Sebanyak 16 klub yang tergabung dari Grup E sampai H sudah melakoni laga perdananya. Kali ini giliran dari 16 klub yang ada di Grup A sampai D yang akan berjibaku merebut tiga poin.

Dari total delapan pertandingan yang akan bergulir pada Kamis (21/10/20) dini hari WIB nanti, ada satu yang dipastikan cukup menyita perhatian.

Laga tersebut adalah pertemuan sang juara bertahan, Bayern Munchen, yang akan menjamu salah satu raksasa LaLiga Spanyol, yakni Atletico Madrid.

Dalam laga itu sendiri, Bayern Munchen yang berlaku sebagai tuan rumah di Allianz Arena dipredksi berpeluang besar untuk meraih kemenangan.

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum berbagai alasan yang membuat The Bavarian bisa merebut tiga poin perdana di Liga Champions kontra Los Rojiblancos.

1. Statistik Bayern dan Atletico

Pertemuan di penyisihan Grup A ini bukanlah kali pertama Bayern Munchen dan Atletico Madrid saling berhadapan 11 lawan 11 di kancah Liga Champions.

Keduanya total sudah empat kali bertemu di dua edisi Liga Champions yang berbeda, yakni pada musim 2015/16 (fase gugur) dan 2016/17 (fase penyisihan grup).

Dari empat pertandingan tersebut, tidak ada laga yang berakhir imbang. Baik Bayern maupun Atletico sama-sama mampu dua kali meraih kemenangan.

Uniknya, pemenang dari empat pertandingan tersebut selalu tuan rumah. Saat Bayern Munchen menang atas Atletico berhasil menorehkan tiga gol, sementara lawannya hanya pernah dua kali mencetak gol ke gawang FC Holywood.

Rekor kandang Bayern saat menjajal Liga Champions juga tergolong impresif. Sejak 2015 lalu, pasukan yang kini diasuh oleh Hans Flick itu baru tiga kali menahan malu di tanah sendiri.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan rekor tandang Atletico Madrid, yang dalam 10 pertandingan sebagai tamu di Liga Champions hanya dua yang berakhir dengan kemenangan.

Berdasarkan statistik tersebut, jelas Bayern memiliki peluang lebih besar untuk bisa menang atas Atletico di pertemua kelima ini.

2. Costa Absen, Lini Serang Atletico Melemah

Sudah datang dengan status tamu, Atletico Madrid juga pergi ke Allianz Arena, markas Bayern Munchen dengan kondisi yang pincang atau tidak lengkap.

Ya, dalam laga perdana penyisihan Grup A Liga Champions 2020/21 kontra Bayern Munchen, tidak semua pemain bintang Atletico Madrid bisa dibawa oleh Diego Simeone.

Pemain berkebangsaan Spanyol itu harus menjalani masa pemulihan setelah dikonfirmasi mengalami cedera pada bagian paha. Cedera itu sudah terlihat setelah ia ditarik mundur di babak kedua kontra Celta Vigo dalam lanjutan LaLiga Spanyol.

Cederanya Costa ini sendiri jelas membuat pengurangan drastis di lini serang Atletico jelang melawan Bayern Munchen, yang merupakan salah satu tim dengan pertahanan kuat di bawah penjagaan Manuel Neur.

Atletico saat ini memiliki Luis Suarez, yang sejak didatangkan dari Barcelona sudah berhasil tiga kali mencatatkan namanya di papan skor dari total empat laga.

Namun, untuk menembus pertahanan ketat Bayern, Atletico jelas membutuhkan orang lain yang memiliki stamina lebih seperti Costa dan absennya eks Chelsea itu bisa membuat Atletico lebih rentan dikalahkan The Bavarian.

3. Dominasi Bayern atas Wakil Spanyol

Bayern Munchen mungkin bisa dikatakan menjadi salah satu klub asa Jerman yang kerap mendominasi kemenangan atas wakil Spanyol.

Melansir dari Euro Cup History, sejak 1968, Bayern Munchen tercatat total sudah melakoni 61 pertandingan melawan klub-klub asal Negeri Matador.

Hebatnya, dari total pertandingan tersebut, sebanyak 28 kali Bayern Munchen sukses keluar sebagai pemenang. Sementara sisanya 14 kali imbang dan hanya 19 kali kalah.

Terbaru, Bayern Munchen baru saja membuat dunia terkejut saat berhadapan dengan Barcelona di perempatfinal Liga Champions 2019/20.

Menghadapi tim yang diperkuat pemain-pemain top dunia seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Bayern menunjukkan keperkasaanya dengan skor telak 8-2.

Kedigdayaan Bayern Munchen pun kembali berlanjut saat melakoni laga UEFA Super Cup 2020. Sebagai jawara Liga Champions 2019/20, Bayern Munchen ditantang pemenang Liga Europa 2019/20 asal Spanyol, Sevilla.

Sempat bermain imbang 1-1 di 90 menit babak pertama, Munchen pada akhirnya meraih kemenangan lewat gol Javier Martinez di menit ke-21.

Melihat dominasi kuat Bayern atas wakil Spanyol itu jelas membuat peluang Atletico untuk mencuri tiga poin di Liga Champions 2020/21 semakin kecil.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%