Liga Indonesia

Widodo Bongkar Asal-usul Lagu 'Ayo The Jak': Terinspirasi Lagu Gereja

Sabtu, 24 Oktober 2020 20:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© baliutd.com
Mantan pemain Persija Jakarta, Widodo Cahyono Putro ternyata punya andil dalam perjalanan Jakmania atau komunitas penggemar klub. Copyright: © baliutd.com
Mantan pemain Persija Jakarta, Widodo Cahyono Putro ternyata punya andil dalam perjalanan Jakmania atau komunitas penggemar klub.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persija Jakarta, Widodo Cahyono Putro ternyata punya andil dalam perjalanan Jakmania atau komunitas penggemar klub.

Ia bahkan menyumbangkan ide untuk lagu 'Ayo The Jak' yang masih dinyanyikan oleh para suporter setia Persija Jakarta hingga saat ini.

Widodo merupakan bagian dari skuat Persija ketika meraih juara Liga Indonesia 2001. Kedekatannya dengan penggemar lantas dituangkan lewat lagu 'Ayo The Jak'.

Menariknya, lagu tersebut dikatakan Widodo terinspirasi dari lagu gereja. Setelah berdiskusi dengan pentolan Jakmania, nada dan lirik lagu pun diciptakan.

"Lagu Ayo The Jak saya buat bersama-sama dengan pentolan Jakmania saat itu. Awalnya saya menciptakan nadanya terinspirasi karena saya sering mendengarkan lagu di gereja," tutur Widodo dalam rilis Persija.

"Saya sendiri saat itu berdiskusi dengan para pentolan Jakmania untuk lirik yang tepat untuk lagu itu,” imbuhnya.

Widodo mengaku sangat bangga ketika Jakmania menyanyikan lagu tersebut. Lagu tersebut dinilai sebagai salah satu cara untuk membakar semangat pemain ketika bertanding.

"Pastinya saat the Jak menyanyikan lagu pertama kali di Stadion, perasaan saya merinding. Apalagi the Jak juga kompak menyanyikannya,” tutupnya.

Saat ini Widodo dan Persija Jakarta menjadi rival di Liga 1 2020. Pasalnya, pelatih asal Cilacap, Jawa Tengah itu melatih tim promosi, Persita Tangerang.