In-depth

4 Pebasket Non Amerika Terbaik di Ajang NBA: Ada dari Asia

Rabu, 21 Oktober 2020 22:38 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Stacy Revere/GettyImages
Dalam perhelatan NBA, tidak jarang ada pemain basket yang tak berasal dari luar Amerika Serikat dan berhasil menorehkan tinta emas. Copyright: © Stacy Revere/GettyImages
Dalam perhelatan NBA, tidak jarang ada pemain basket yang tak berasal dari luar Amerika Serikat dan berhasil menorehkan tinta emas.

INDOSPORT.COM - Dalam perhelatan NBA, tidak jarang ada pemain basket yang tak berasal dari luar Amerika Serikat dan berhasil menorehkan tinta emas.

Sebagai negara asal olahraga basket, Amerika Serikat tidak berhenti menelurkan banyak pemain-pemain bintang yang jago dalam olahraga  yang memasukkan bola ke dalam keranjang itu.

Sebut saja seperti Michael Jordan, Dennis Rodman, LeBron James, Kareem Abdul-Jabbar, Scottie Pippen, Stephen Curry, hingga almarhum Kobe Bryant.

Sebelumnya, NBA sendiri memang dikhususkan untuk pemain-pemain tulen Amerika Serikat. Namun, setelah menjadi fenomena global pada 1980 silam, mulai banyak pemain-pemain asing yang ikut bergabung.

Berawal dari banyaknya orang-orang negara lain yang menuntut ilmu di Amerika, perlahan-lahan mereka juga mulai ikut tertarik mempelajari basket.

Hingga akhirnya, kini banyak pebasket-pebasket profesional yang mulai mencoba peruntungan menjadi pebasket di NBA. Beberapa di antaranya bahkan mampu tampil gemilang dan meraih berbagai prestasi.

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkum sejumlah pebasket non Amerika Serikat yang berhasil tampil gemilang di kancah NBA:

1. Marc Gasol

© givemesport
Marc Gasol dan Mike Conley . Copyright: givemesportMarc Gasol (kiri) saat masih memperkuat Memphis Griezzlies.

Marc Gasol mengawali langkahnya sebagai pemain basket profesional dengan memperkuat klub yang sama dengan Lionel Messi, yakni FC Barcelona dan kemudian pidah ke CB Girona.

Lima tahun melintang di kompetisi basket Spanyol, pria kelahiran 29 Januari 1985 itu mencoba peruntungannya dengan merantau ke Amerika Serikat.

Memphis Grizzlies pun ia pilih sebagai pelabuhan pertamanya untuk menjajal kerasnya persaingan di NBA yang saat itu dihuni nama-nama besar seperti Kobe Bryant dan LeBron James.

Setelah 11 tanpa gelar juara dan hanya tiga kali masih NBA All-Star, Marc Gasol pun memutuskan untuk hengkang dari Griezzlies dan bergabung dengan klub asal Kanada, Toronto Raptors.

Secara mengejutkan, Gasol dan koleganya berhasil terus melangkah hingga ke partai final. Berhadapan dengan Golden State Warriors, Gasol pada akhirnya berhasil meraih cincin juara lewat enam game.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%