In-depth

Bukan Ronaldo, Kutukan Barcelona dari Real Madrid Itu Bernama Zinedine Zidane

Minggu, 25 Oktober 2020 15:07 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alex Caparros/Getty Images
Zinedine Zidane di laga Barcelona vs Real Madrid Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Zinedine Zidane di laga Barcelona vs Real Madrid

INDOSPORT.COM - Nama Cristiano Ronaldo viral usai Lionel Messi gagal menyelamatkan Barcelona dari kekalahan oleh skuat Zinedine Zidane, Real Madrid. Banyak yang mengatakan bahwa La Pulga seakan kehilangan semangat usai Ronaldo hengkang ke Juventus. Namun benarkah demikian?

Seperti kita ketahui sebelumnya, Real Madrid sukses membenamkan Barcelona di kandangnya sendiri, Camp Nou, pada Sabtu (24/10/20) malam WIB. Saat itu anak asuh Zinedine Zidane menang dengan skor 3-1.

Jalannya pertandingan dapat dikatakan seru pada babak pertama. Gol-gol balasan terjadi bahkan saat pertandingan baru berjalan 10 menit saja.

Dimulai dari gol Federico Valverde yang sukses menerima umpan dari Karim Benzema. Gelandang asal Uruguay itu mampu menjebol gawang Neto di menit kelima.

Tak lama berselang, giliran Barcelona langsung keluar untuk menyamakan kedudukan. Tiga menit berselang usai gol Valverde, wonderkid Barcelona yang bernama Ansu Fati akhirnya membuat gol penyeimbang.

© Alex Caparros/Getty Images
Selebrasi Ansu Fati bersama teman-teman rayakan gol pertama timnya dalam pertandingan La Liga Santander antara FC Barcelona dan Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020). Copyright: Alex Caparros/Getty ImagesSelebrasi Ansu Fati bersama teman-teman rayakan gol pertama timnya dalam pertandingan La Liga Santander antara FC Barcelona dan Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020).

Berawal dari aksi Jordi Alba yang lolos jebakan offside masuk ke pertahanan Real Madrid dan memberikan umpan datar. Bola  langsung disambar oleh Ansu Fati yang tak bisa dibendung oleh Courtois. Skor pun imbang 1-1 di babak pertama.

Pada babak kedua, Real Madrid bisa unggul kembali lewat hadiah penalti pada menit ke-63. Hadiah penalti ini cukup kontroversial karena Lenglet dinyatakan melanggar Sergio Ramos usai wasit meninjau VAR.

Ramos sendiri akhirnya yang menjadi algojo penalti. Kapten tim Real Madrid ini berhasil memasukkan bola, walau Neto mampu membaca arah tendangan Ramos. Skor berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Real Madrid.

Tertinggal, Koeman pun akhirnya ambil risiko untuk memasukkan nafas segar. Pelatih asal Belanda itu memasukkan Antonio Griezmann, Trincao, dan Ousmane Dembele.

Walau begitu Barcelona gagal mencetak gol penyeimbang karena pertahanan Los Blancos masih rapat. Di sisi lain Real Madrid malah bisa mengunci kemenangan setelah membuat gol ketiga di ujung laga lewat aksi Luka Modric.

© LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Selebrasi pemain Real Madrid rayakan kemenangan dalam pertandingan La Liga Santander antara FC Barcelona dan Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020) di Barcelona, ​​Spanyol. Copyright: LLUIS GENE/AFP via Getty ImagesSelebrasi pemain Real Madrid rayakan kemenangan dalam pertandingan La Liga Santander antara FC Barcelona dan Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020) di Barcelona, ​​Spanyol.

Pertandingan berjuluk El Clasico jilid pertama di musim 2020/21 akhirnya menjadi milik Real Madrid. Skuat asuhan Zinedine Zidane menang dengan skor 3-1 dari Barcelona.

Banyak yang menilai, kekalahan Barcelona dari Real Madrid ini tak lepas dari kurang antusiasnya sang megabintang Lionel Messi. Disinyalir, hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Santiago Bernabeu ke Juventus menjadi masalah utamanya.

Hal tersebut memang bukan tanpa alasan. Messi, yang saat ini telah berusia 33 tahun, diketahui tidak pernah mencetak gol ke gawang Real Madrid dalam enam pertemuan beruntun.

© givemesport/elclasico/ESPN
Wajah murung Lionel Messi usai Barcelona dikalahkan Real Madrid dengan skor 1-3. Copyright: givemesport/elclasico/ESPNWajah murung Lionel Messi usai Barcelona dikalahkan Real Madrid dengan skor 1-3.

Gol terakhir yang dilesakkan La Pulga ke gawang Real Madrid terjadi di pekan ke-36 musim 2017/2018. Kala itu, Real Madrid masih diperkuat oleh Cristiano Ronaldo. 

Skor pertandingan tersebut berakhir 2-2 dengan dua gol Barcelona dicetak oleh Luis Suarez dan Lionel Messi, sementara dari Real Madrid dicetak oleh Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

Setelahnya, Lionel Messi pun seakan absen dalam setiap pertemuan El Clasico melawan Real Madrid hingga kini. Seperti tidak ada gairah membela Barcelona saat melawan Los Blancos, Messi selalu gagal mencetak gol karena tidak ada rival yang membuatnya semringah bergerilya di atas lapangan.

Namun, benarkah sosok ketiadaan Cristiano Ronaldo membuat Lionel Messi kesulitan membantu Barcelona dalam mengalahkan Real Madrid?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%