Liga Inggris

Saling Adu Mulut, Mikel Arteta Balas Omelan Agen Mesut Ozil

Senin, 26 Oktober 2020 09:40 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Saling Adu Mulut, Mikel Arteta Balas Omelan Agen Mesut Ozil Copyright: © Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Saling Adu Mulut, Mikel Arteta Balas Omelan Agen Mesut Ozil

INDOSPORT.COM - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta akhirnya mengeluarkan balasan mengenai omelan yang dilontarkan oleh agen Mesut Ozil, Dr Erkut Sogut. Keduanya saling adu mulut.

Arsenal tidak memasukkan nama Mesut Ozil dalam 25 pemain yang didaftarkan ke Liga Inggris, pada Selasa (20/10/2020). Sebelumnya, nama pemain asal Jerman itu juga dicoret dari daftar skuad Meriam London di Liga Europa.

Ozil sendiri sudah tak lagi dimainkan Mikel Arteta setelah kompetisi bergulir lagi pasca lockdown musim lalu. Terakhir kali gelandang 32 tahun itu tampil yakni pada Maret 2020, ketika Arsenal menang 1-0 atas West Ham United di Liga Inggris.

Pencoretan Mesut Ozil dari daftar pemain Arsenal di Liga Inggris dan Liga Europa membuat dirinya diyakini sudah tak lagi dibutuhkan klub asal London tersebut. Padahal, kontraknya masih berjalan hingga musim panas 2021.

Melihat hal tersebut, agen dari Mesut Ozil pun akhirnya buka suara mengenai sang pemain yang tidak masuk dalam daftar Arsenal di kompetisi Liga Inggris dan Liga Europa musim ini. Menurutnya Mikel Arteta tidak mengungkapkan alasan sejujurnya perihal keputusan itu.

Melihat omelan dari agen Mesut Ozil tersebut, Mikel Arteta pun akhirnya membalas dan terjadi adu mulut di antara keduanya mengenai pencoretan pemain asal Jerman itu.

"Jika Anda harus memimpin, para pemain harus mempercayai Anda. Agar mereka mempercayai Anda, Anda harus jujur. Anda harus jelas dan Anda harus mampu memberitahu orang-orang secara empat mata, baik kabar baik dan buruk," tegas Arteta dilansir dari The Guardian.

"Kemudian, Anda harus konsisten dengan apa yang Anda katakan, tuntutan yang Anda ajukan dan apa yang Anda terapkan," kata sang manajer.

Balasan dari Mikel Arteta sendiri tidak hanya menyerang mengenai performa pemain dan alasan kenapa dirinya mencoret Mesut Ozil. Melainkan, juga menyerang sang agen yang memiliki sikap tidak profesional.

"Ketika sesuatu terjadi, Anda memuji mereka dan ketika tidak sesuai harapan, ada konsekuensi. Lalu, Anda membuat kultur dan dalam kultur itu orang-orang harus bertanggung jawab," seru Arteta.

“Setiap orang harus bertindak dan mereka mesti menuntut standar yang kami butuhkan satu sama lain dari klub ini agar kami meraih kesuksesan," pungkasnya.

Situasi Mesut Ozil sedianya sudah sulit sejak musim lalu. Sejak Arsenal masih dilatih oleh Unai Emery, hingga kini manajer Mikel Arteta, pemain 32 tahun itu selalu menjadi sorotan karena minim kesempatan bermain.

Akan tetapi, dari beberapa pertandingan terakhir yang dijalani Arsenal selalu menuai hasil yang tidak memuaskan. Terakhir, pasukan Arteta dikalahkan Leicester dengan skor 1-0. Banyak dari publik menilai bahwa hal itu efek tidak adanya Mesut Ozil.