Liga Inggris

Meski Sudah Bergabung, Manchester United “Tak Butuh” Donny van de Beek

Selasa, 27 Oktober 2020 09:07 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Meski Sudah Bergabung, Manchester United “Tak Butuh” Donny van de Beek Copyright: © Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Meski Sudah Bergabung, Manchester United “Tak Butuh” Donny van de Beek

INDOSPORT.COM - Legenda Manchester United, Patrice Evra memberikan komentarnya mengenai perekrutan Donny van de Beek yang dilakukan oleh mantan klubnya tersebut. Menurutnya pemain asal Belanda itu belum dibutuhkan.

Donny van de Beek dibeli Manchester United dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas lalu. Setan Merah mengeluarkan dana mencapai 40 juta paund sterling atau setara 762 miliar rupiah untuk mendatangkan gelandang berusia 23 tahun itu.

Namun, Van de Beek sama sekali belum pernah diturunkan sebagai starter di Liga Inggris bersama Setan Merah. Dia bahkan cuma duduk di bangku cadangan saat Manchester United bermain imbang melawan Chelsea akhir pekan kemarin.

Van de Beek baru dimainkan empat kali di Liga Inggris musim 2020/2021. Gelandang internasional Belanda itu selalu masuk sebagai pemain pengganti bukan sebagai starter sejak awal.

Usai laga melawan Chelsea, Evra yang bekerja sebagai pundit di Sky Sports mempertanyakan keputusan Manchester United untuk merekrut Van de Beek. Mantan pemain Setan Merah itu menyebut tidak diperlukan di Old Trafford.

"Ketika saya bilang kita tidak membutuhkannya, saya akan memberi beberapa alasan. Fred, Scott McTominay, Nemanja Matic, Anda menyukai mereka atau membenci,” kata Evra seperti dilansir Metro.

“Ketika kami harus memainkan laga besar dan kami harus kuat, padu, dan berlari ke mana saja, mereka selalu berhasil, itu menurut saya," lanjutnya.

Evra kemudian mengklarifikasi pernyataannya tersebut. Meski demikian, dirinya masih tetap meyakini bahwa Manchester United seharusnya memperhatikan sektor lain lebih dulu sebelum merekrut Van de Beek.

"Donny van de Beek lebih baik daripada Paul Pogba? Tidak. Pemain yang berbeda, tapi tidak. (Apakah dia lebih baik daripada) Bruno Fernandes? Tidak. Dia pemain bagus. Cara dia bermain untuk Ajax, itulah yang saya ingin lihat di Manchester United," tambahnya.

Evra menilai perekrutan Van de Beek sebenarnya tidak terlalu mendesak untuk MU. Meski demikian, mantan pemain asal Prancis itu memahami tingginya ekspektasi publik terhadap Van de Beek karena sudah dibeli dengan harga yang tak murah.

"Tapi kita punya satu masalah, berapa banyak pertandingan yang dimainkan United musim ini, berapa banyak pertandingan di mana Van de Beek jadi starter?" lanjut Evra.

"Itulah kenapa saya bilang kita tidak butuh dia. Dia bukan kebutuhan yang mendesak. Tapi tentu saja, kami butuh skuad yang dalam jika ingin meraih banyak trofi. Kami butuh pemain di bangku cadangan dan di sana lah dia," tutupnya.

Manchester United sendiri telah mengalami hasil imbang saat melawan Chelsea dengan skor akhir 0-0 dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris musim ini.

Donny van de Beek dan kawan-kawan akan melanjutkan perjuangannya untuk bertanding di kompetisi Liga Champions. Manchester United akan berhadapan dengan RB Leipzig pada Kamis (29/10/2020) dini hari WIB.