In-depth

Hadapi Manchester United, Momen Tepat Arsenal Mainkan William Saliba

Jumat, 30 Oktober 2020 03:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Jelang menghadapi Manchester United di Liga Inggris, Minggu (01/11/20) malam WIB, William Saliba berpotensi menjadi solusi bagi krisis lini belakang Arsenal. Copyright: © Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Jelang menghadapi Manchester United di Liga Inggris, Minggu (01/11/20) malam WIB, William Saliba berpotensi menjadi solusi bagi krisis lini belakang Arsenal.

INDOSPORT.COM – Jelang menghadapi Manchester United di Liga Inggris, Minggu (01/11/20) malam WIB, William Saliba berpotensi menjadi solusi bagi krisis lini belakang Arsenal.

Laga seru akan tersaji di pekan ketujuh Liga Inggris akhir pekan ini. Minggu (01/11/20) pukul 23:30 WIB, duel sesama tim besar akan terjadi di Old Trafford ketika Manchester United menjamu Arsenal.

Laga panas ini akan menjadi momen kebangkitan bagi kedua tim. Pasalnya, di pekan keenam yang digelar akhir pekan lalu, keduanya gagal meraih hasil maksimal meski bermain di kandang sendiri. Setan Merah ditahan imbang tanpa gol oleh Chelsea, sedangkan Meriam London dibekap Leicester City 0-1.

Meski demikian, jelang laga melawan Setan Merah ini The Gunners mengalami sejumlah kendala. Manajer Mikel Arteta kini dipusingkan dengan krisis yang dihadapinya di lini belakang, khususnya di sektor bek tengah.

David Luiz dipastikan absen usai mengalami cedera otot di babak pertama saat melawan Leicester City. Sementara itu Rob Holding juga masih dalam perawatan karena mengalami cedera hamstring.

Di sisi lain, Pablo Mari dan Callum Chambers belum berlatih penuh setelah absen panjang karena cedera. Arsenal sejatinya masih memiliki Sokratis Papastathopoulos, namun bek Yunani itu tidak terdaftar di skuat Liga Inggris.

Meski demikian, Arsenal sebenarnya memiliki satu nama yang bisa menjadi sosok yang tepat untuk mengatasi krisis ini. Sosok yang dimaksud adalah bintang muda asal Prancis, William Saliba.

Seperti diketahui, William Saliba masih belum mendapatkan kesempatan debut bersama Arsenal, sejak datang pada musim panas lalu.

Padahal, The Gunners merogoh kocek cukup dalam yakni 28 juta pounds (Rp536 miliar) untuk membelinya dari St. Etienne pada Juli 2019 sebelum meminjamkannya kembali selama semusim ke klub Liga Prancis itu.

Penampilan gemilang bersama St. Etienne musim lalu pun membuatnya digadang bakal menjadi bek tengah utama Arsenal musim ini. Namun, nyatanya bintang 19 tahun itu justru belum pernah tampil semenit pun.

Saliba sendiri tidak terdaftar di Liga Europa, sehingga di laga melawan Dundalk di kompetisi itu Arteta akan memasang Shkodran Mustafi yang masuk sebagai pengganti Luiz di laga melawan Leicester.

Namun, dengan singkatnya jeda antara laga melawan Dundalk dan Manchester United, memainkan Mustafi di Old Trafford tentu sangat berisiko mengingat bek Jerman itu baru saja pulih dari cedera.

Apalagi, di laga melawan Leicester lalu, Mustafi bisa dibilang tidak tampil baik. Kegagalannya mengawasi Vardy membuat penyerang Inggris itu berlari bebas untuk menyambut umpan Youri Tielemans yang berujung gol tunggal di laga tersebut.

Dengan situasi ini, pertandingan melawan Setan Merah di Liga Inggris akhir pekan nanti bisa menjadi kesempatan sempurna bagi Arteta untuk memberikan debut kepada Saliba.

Dua kualitas terbaik yang dimilili Saliba diyakini bisa menjadi senjata saat berhadapan dengan Setan Merah. Kemampuannya melepaskan umpan dengan akurat bisa menjadikan dirinya awal dari serangan balik The Gunners.

Di sisi lain, kecepatan yang dimiliki bek berusia 19 tahun itu bisa menjadi andalan untuk meredam lini depan Manchester United, yang juga dipenuhi pelari-pelari cepat seperti Mason Greenwood dan Marcus Rashford.

Apalagi, Manchester United memiliki catatan buruk di Liga Inggris musim ini. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu belum pernah menang di kandang sendiri. Dari 3 laga, Setan Merah mengalami 2 kekalahan dan 1 hasil imbang.

Dengan berbagai catatan itu, patut ditunggu apakah Arteta akhirnya akan benar-benar memberikan kesempatan kepada Saliba di laga melawan Manchester United.