Liga Inggris

5 Pemain yang Hidupkan Nuansa Skotlandia di Skuat Liverpool

Minggu, 1 November 2020 21:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Andrew Robertson (tengah) adalah salah satu pemain Skotlandia di Liverpool. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Andrew Robertson (tengah) adalah salah satu pemain Skotlandia di Liverpool.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, selain terkenal dengan pasukan Spaniard era Rafael Benitez, juga memiliki sejumlah pemain asal Skotlandia yang tidak kalah hebatnya.

Para pemain ini pun menambah warna-warni skuat The Reds dari masa ke masa. Yang terbaru, ada sosok Andrew Robertson, bintang muda berusia 26 tahun yang jadi pentolan Timnas Skotlandia saat ini.

Lahir pada 11 Maret 1994, Robertson tumbuh sebagai penggemar tim kebanggaan negaranya, Celtic. Bak mimpi yang jadi kenyataan, ia pun memulai karier pertamanya sebagai pemain muda di klub tersebut.

Setelahnya, ia mendapat kesempatan bermain untuk Queen's Park dan sukses menembus tim utama pada musim 2012-2013. Perjalanan kariernya pun berlanjut ke Dundee United pada 2013.

Robertson yang semakin beranjak dewasa kemudian memberanikan diri merantau ke luar negeri. Liga Inggris jadi pelabuhan selanjutnya pemain yang juga akrab disapa Robbo ini.

Bergabung dengan Hull City pada 2014, ia akhirnya dipinang Liverpool pada 2017. Debutnya saat melawan Crystal Palace menghasilkan penghargaan Man of the Match di laga tersebut.

Sejauh ini, Robertson sudah meraih empat trofi bersama The Reds yakni Liga Inggris, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions. Perjalanannya di klub ini pun masih lumayan panjang.

Dengan durasi kontrak yang akan berakhir pada Juni 2024, masih banyak hal yang bisa dilakukan Robertson. Apalagi kini menyusul cederanya Virgil van Dijk, Robbo mungkin akan mendapat tugas baru di skuat Jurgen Klopp.

Nah, selain Andrew Robertson, Liverpool juga pernah memiliki sejumlah pemain asal Skotlandia. Beberapa di antaranya bahkan mendapat predikat legenda sepanjang masa. Siapa saja?

Kenny Dalglish

Tokoh yang satu ini sudah ibarat dewa di Anfield. Selama membela Liverpool, King Kenny sudah memenangkan enam gelar Liga Inggris, satu Piala FA, tiga Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan yang lainnya.

Bisa dibilang, tidak ada pemain lain yang bisa merepresentasikan Liverpool dan Skotlandia sebaik Kenny Dalglish. The Reds pun patut berbangga diri bisa menjadikannya manajer, bahkan sampai dua kali.

Alan Hansen

Satu lagi legenda Liverpool yang berasal dari Skotlandia. Alan Hansen, pemain yang berbakat melakukan tekel tajam, membaca permainan dengan apik, yang menjadikannya salah satu bek tengah paling terampil dalam sejarah sepak bola Inggris.

Gaya permainannya pun begitu anggun dan membangun serangan dari belakang. Meski sukses bersama The Reds, Hansen harus menelan pil pahit setelah dibuang dari Timnas Skotlandia saat gelaran Piala Dunia 1986.

Tommy Lawrence

Nama keempat di daftar pemain Skotlandia Liverpool di artikel ini adalah Tommy Lawrence. Ia menjadi pilihan utama Bill Shankly untuk posisi penjaga gawang.

Lawrence adalah seorang kiper yang berani, konsisten, dan dapat diandalkan. Ia juga mendapat julukan The Flying Pig oleh para suporter The Reds lantaran memiliki badan gempal namun sangat cekatan di lapangan.

Graeme Souness

Pria yang satu ini bisa dibilang salah satu gelandang terbaik yang pernah didatangkan Liverpool. Ia kreatif, punya jiwa pemimpin, dan seorang jenderal lapangan tengah yang tidak kenal takut.

Ia adalah kapten yang sukses memimpin The Reds pada awal 1980-an dan juga tidak ketinggalan Timnas Skotlandia. Ia juga pernah menangani Rangers sebagai pemain-manajer mulai tahun 1986 sampai dengan 1991.

Selain lima nama di atas, sejumlah pemain Skotlandia yang pernah menghiasi wajah Liverpool adalah Andrew Hannah, Alex Raisbeck, Donald MacKinlay, Gary McAllister, Steve Nicol, dan lain-lain.