Liga Inggris

Masuk Skuat Chelsea untuk Liga Inggris Usai Pensiun, Ini Kata Petr Cech

Selasa, 3 November 2020 00:16 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Petr Cech buka suara mengenai namanya yang dimasukkan ke skuat Chelsea untuk Liga Inggris 2020/21 oleh Frank Lampard. Copyright: © Getty Images
Petr Cech buka suara mengenai namanya yang dimasukkan ke skuat Chelsea untuk Liga Inggris 2020/21 oleh Frank Lampard.

INDOSPORT.COM – Legenda Chelsea, Petr Cech buka suara usai dirinya kembali masuk dalam skuat The Blues untuk Liga Inggris 2020/21 pasca memutuskan pensiun pada 2019 silam.

Cech merupakan legenda hidup Chelsea. Sejak bergabung pada 2004 silam, ia menahbiskan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik Liga Inggris dan kiper terbaik yang dimiliki The Blues sepanjang masa.

Beragam prestasi pun mampu ditorehkannya. Dari catatan Clean Sheets terbanyak, kebobolan tersedikit, hingga beragam prestasi di level klub. Apa yang Cech catatkan membuat namanya harum sebagai salah satu penjaga gawang  terbaik di sepak bola modern.

Usai memutuskan pensiun pada 2019, Cech pun menduduki jabatan strategis di Chelsea yakni sebagai penasihat teknis dan performa tim. Namun, baru setahun duduk di kursi manajemen, ia nampak gatal dan ingin kembali ke rumput hijau. Terlihat dari seringnya ia ikut berlatih bersama skuat utama The Blues.

Mengingat usianya yang lebih muda dari kiper ketiga, Willy Caballero dan kondisi fisiknya yang masih prima, Frank Lampard lantas menjadikannya kiper keempat atau kiper darurat Chelsea di Liga Inggris 2020/21. Hal ini banyak membuat pecinta sepak bola terkejut.

Usai lama bungkam atas keputusan Lampard, Cech pun lantas buka suara mengenai namanya yang masuk dalam daftar skuat Chelsea untuk musim 2020/21.

Cech menyebutkan dirinya siap saat ditunjuk bermain oleh Lampard. Ia merasa dirinya berada dalam kualitas yang sama dengan para penggawa Chelsea selama 2 bulan berlatih bersama tim utama.

“Saya tahu saya 100 persen siap membantu jika dibutuhkan. Saya dalam kondisi fit dan dengan 2 bulan pelatihan, saya melihat saya memiliki kualitas yang sama (dengan para pemain Chelsea),” ujar Cech dikutip dari Mirror.

“Lebih jauh, saya telah beristirahat selama setahun tanpa pernah bermain. Itu memberiku energi, tubuhku pun mulai pulih usai terus menerus bermain selama 20 tahun. Jika ada kesempatan diriku untuk bermain, maka saya siap,” pungkasnya.

Petr Cech sendiri masih tercatat sebagai kiper dengan catatan Clean Sheets terbanyak sepanjang masa Liga Inggris. Total 202 nirbobol ia cetak selama 15 tahun bermain di Inggris bersama Chelsea dan Arsenal.