Bola Internasional

2 Pemain Keturunan Indonesia di Liga Belanda yang Direkrut Eks Persib

Kamis, 5 November 2020 21:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tevreden Group
Jelte Pal, pemain keturunan Indonesia yang direkrut Sergio van Dijk. Copyright: © Tevreden Group
Jelte Pal, pemain keturunan Indonesia yang direkrut Sergio van Dijk.

INDOSPORT.COM – Eks pemain Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Sergio van Dijk, kini merintis karier sebagai agen pemain di Belanda. Ia berada di bawah naungan Tevreden Group dan telah merekrut sejumlah pemain-pemain muda.

Bergabung sejak Juni 2020, Sergio van Dijk berperan dalam negosiasi kontrak, branding pemain, pemasaran, dan analisis pertandingan.

Tevreden Group sendiri memang baru berdiri pada 2020, yang didirikan oleh eks FC Emmen, Brian Tevreden. Pemasaran yang dilakukan saat ini fokus di Belanda hingga luar negeri, termasuk Asia.

Belum lama ini, Van Dijk mengumumkan sederet pemain muda yang bergabung dengan Tevreden Group. Fokus di pemain muda, banyak netizen yang langsung berkomentar di unggahan Van Dijk, memintanya untuk menjaring pemain yang bisa diproyeksikan ke Timnas Indonesia U-19.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memang menyatakan akan memanggil setidaknya tujuh pemain keturunan lainnya, di luar Jack Brown, serta kakak-beradik Kelana Noah Mahessa dan Luah Jeremy Mahessa.

Namun sebagian netizen lain yang berkomentar, justru mendorong Sergio van Dijk untuk memboyong pemain-pemain Indonesia untuk berkiprah di liga-liga Eropa.

Sebelum melihat kiprah eks Persib tersebut lebih jauh, simak dulu ulasan dua pemain berdarah Indonesia yang berhasil direkrut oleh Sergio van Dijk di Liga Belanda berikut ini.

Jelte Pal

Jelte Pal adalah pemain keturunan Indonesia pertama yang direkrut oleh Sergio van Dijk. “Pemain baru, keturunan Indonesia, baru direkrut oleh saya buat @tevredengroup. Talenta berusia 18 tahun dari klub @willemii U-18, @jelte_pal.”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sergio van Dijk (@serginhovandijk) pada

Pemain berkewarganegaraan Belanda ini lahir pada 16 Oktober 2002 silam dan berposisi sebagai penyerang tengah. Sempat bergabung di tim Roosendaal U-19, Jelte kemudian menandatangani kontrak bersama Willem II sejak tahun lalu.

Di musim 2020/21 ini, Jelte Pal sudah bermain satu kali di kompetisi U-21 Divisie 2 selama 10 menit melawan Alphense Boys U-21, dan berlaga penuh di sebuah pertandingan U-18 Cup Netherlands.

Yairo Hoffman

Pemain keturunan Indonesia kedua yang direkrut Sergio van Dijk adalah Yairo Hoffman. Ia dengan bangga memajang bendera Indonesia di profil Instagramnya.

“Tambahan baru buat @tevredengroup: gelandang serang dari @scheerenveenofficial U-18, keturunan Indonesia juga, @yairoveijk,” tulis Van Dijk pada Senin (02/11/20) kemarin.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sergio van Dijk (@serginhovandijk) pada

Yairo Hoffman adalah pemain kelahiran Belanda, 28 Januari 2003 silam. Dari laman Transfermarkt, Yairo diketahui bergabung dari klub junior Heerenveen, kemudian naik ke tim U-17 pada Juli 2018 lalu.

Heerenveen sendiri adalah klub yang bermarkas di Provinsi Friesland dan berlaga di Eredivisie. Para pembaca setia INDOSPORT mungkin masih ingat, Heerenveen adalah bekas klub bek Timnas Vietnam, Doan Van Hau. Pemain tersebut sempat viral di Indonesia karena membuat Evan Dimas cedera di SEA Games 2019 lalu.