Liga Inggris

Di Liverpool, Bukan Soal Roberto Firmino dan Diogo Jota Saja

Kamis, 5 November 2020 11:17 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Getty Images
Di Liverpool, Bukan Soal Roberto Firmino dan Diogo Jota Saja Copyright: © Getty Images
Di Liverpool, Bukan Soal Roberto Firmino dan Diogo Jota Saja

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker memberikan pandangan kepada publik mengenai isu antara Diogo Jota dan Roberto Firmino. Menurutnya, tidak hanya kedua pemain tersebut melainkan soal klub.

Saat ini bisa dikatakan bahwa pemain asal Brasil, Roberto Firmino performanya semakin meredup, sedangkan Diogo Jota bersinar di Liverpool. Tapi The Reds tak pernah dalam posisi memilih sebab keduanya sangat penting.

Firmino masih belum menunjukkan sinarnya sejauh perjalanan musim ini. Dari 11 kali tampil di seluruh ajang, penyerang 29 tahun itu baru membukukan satu gol dan dua assist.

Sementara Diogo Jota yang baru didatangkan di musim panas lalu malah unjuk gigi. Dari 10 kali tampil dengan menit bermain yang lebih terbatas (500 menit berbanding 742 menit milik Firmino), ia sudah mencetak tujuh gol.

Tiga dari total tujuh gol itu dibuat Jota ke gawang Atalanta, kala Liverpool menang 5-0 di Gewiss Stadium, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB, pada Matchday 3 Liga Champions.

Kontribusi apiknya mulai memunculkan perbincangan bahwa untuk saat ini, Manajer Liverpool Jurgen Klopp sepatutnya mendahulukan Jota ketimbang Firmino.

Kiper Liverpool Alisson turut bersuara terkait hal tersebut. Rekan setim Firmino di tim nasional Brasil itu percaya bahwa ini seharusnya menjadi berkah buat klub, karena menunjukkan mereka punya skuad yang sangat kuat.

Lebih jauh lagi menurutnya, melejitnya Jota tak lantas membuat Firmino layak dipertanyakan. Pemain asal Brasil itu sudah selalu berkontribusi besar untuk tim sejak awal bergabung hingga hari ini.

"Dia (Jota) sangat pekerja keras, berkualitas tinggi, dan orang yang rendah hati. Dia datang untuk membantu kami dan sejauh ini sudah membuktikan bahwa tim kami itu bukan soal satu orang pemain. Kami punya skuad dan grup yang sangat tangguh," ungkap Alisson dilansir Metro.

Alisson sendiri memang bukan dalam artian membela Firmino karena satu negara di Brasil dan bermain di Tim Nasional juga. Namun, ini semua memiliki keuntungan bukan dari kedua pemain melainkan dari sisi klub yang sangat kuat.

"Saya bahkan tak perlu membicarakan soal seberapa pentingnya Firmino, atas semua yang sudah dia berikan untuk klub dan segala yang telah dia lakukan,” tambahnya.

Dia pemain yang sangat suportif, yang bekerja untuk tim. Kami perlu semua orang siaga untuk meraih target-target kami kedepannya," imbuhnya.

Kuatnya skuad dari Liverpool ini bisa dilihat dari posisi klasemen sementara di Liga Inggris musim ini. Pasukan Jurgen Klopp ini bisa meraih 16 poin dalam tujuh kali pertemuan dan berhasil menempati puncak klasemen sementara.

Tak puas di kompetisi Liga Inggris, Liverpool tampaknya memang berpengaruh besar dalam kompetisi Liga Champions. Diogo Jota dan kawan-kawan ini berhasil meraih puncak klasemen Grup D dengan belum merasakan kekalahan satu kali pun dalam 3 laga yang sudah mereka jalani.